ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME KAPASITAS JALAN DAN ANGKA KECELAKAAN DI JALAN SRANDAKAN KM 2 - 4 YOGYAKARTA

Lopifta Laendra (2021) ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME KAPASITAS JALAN DAN ANGKA KECELAKAAN DI JALAN SRANDAKAN KM 2 - 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (951kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Jalan Srandakan merupakan salah satu jalan alternatif menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sejak beroperasinya bandara YIA pada mei 2019. Jalan Srandakan termasuk jalan yang rawan kecelakaan sehingga perlu dilakukan kajian terkait angka kecelakaan di Jalan Srandakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan rasio volume per kapasitas (RVK) jalan dengan kecepatan dan hubungan RVK dengan angka kecelakaan serta potensi kecelakaan di Jalan Srandakan km 2 – 4 dengan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer diambil langsung melalui survei lapangan dan data sekunder terkait data jumlah kecelakaan dari tahun 2018 – 2020 dikumpulkan dari Kepolisian Resor Bantul dan data RVK jalan pada tahun 2020 diperoleh dari Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta. Data primer dan data sekunder kemudian diolah menggunakan software Microsoft Excel. Analisis data volume lalu lintas dilakukan berdasarkan Peraturan Bina Marga tahun 1997 dan analisis kecepatan kendaraan dan angka kecelakaan berdasarkan regresi polinomial dan determinasi. Hubungan RVK dengan kecepatan memiliki persamaan y = -113,26x + 100,57 dan nilai koefisien determinasi (R2 ) = 0,8418. Hubungan RVK dengan jumlah kecelakaan memiliki persamaan y = 11,983e-2.121x dan nilai R2 = 0,8974. Hubungan RVK dengan potensi kecelakaan memiliki persamaan y = 532,82e-8.564x dan nilai R2 = 0,8237. Secara umum dapat disimpulkan bahwa hubungan antara RVK dengan kecepatan kendaraan, angka kecelakaan, dan potensi kecelakaan sangat kuat. Rendahnya RVK di Jalan Srandakan menyebabkan kecepatan kendaraan, angka kecelakaan dan potensi kecelakaan semakin besar.
Kata-kata kunci : kecelakaan, Jalan Srandakan, potensi kecelakaan, volume kapasitas jalan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2021 09:14
Last Modified: 15 Dec 2021 09:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5405

Actions (login required)

View Item
View Item