Lopifta Laendra (2021) ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME KAPASITAS JALAN DAN ANGKA KECELAKAAN DI JALAN SRANDAKAN KM 2 - 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (951kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (998kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (994kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Jalan Srandakan merupakan salah satu jalan alternatif menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) sejak beroperasinya bandara YIA pada mei 2019. Jalan Srandakan termasuk jalan yang rawan kecelakaan sehingga perlu dilakukan kajian terkait angka kecelakaan di Jalan Srandakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan rasio volume per kapasitas (RVK) jalan dengan kecepatan dan hubungan RVK dengan angka kecelakaan serta potensi kecelakaan di Jalan Srandakan km 2 – 4 dengan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer diambil langsung melalui survei lapangan dan data sekunder terkait data jumlah kecelakaan dari tahun 2018 – 2020 dikumpulkan dari Kepolisian Resor Bantul dan data RVK jalan pada tahun 2020 diperoleh dari Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta. Data primer dan data sekunder kemudian diolah menggunakan software Microsoft Excel. Analisis data volume lalu lintas dilakukan berdasarkan Peraturan Bina Marga tahun 1997 dan analisis kecepatan kendaraan dan angka kecelakaan berdasarkan regresi polinomial dan determinasi. Hubungan RVK dengan kecepatan memiliki persamaan y = -113,26x + 100,57 dan nilai koefisien determinasi (R2 ) = 0,8418. Hubungan RVK dengan jumlah kecelakaan memiliki persamaan y = 11,983e-2.121x dan nilai R2 = 0,8974. Hubungan RVK dengan potensi kecelakaan memiliki persamaan y = 532,82e-8.564x dan nilai R2 = 0,8237. Secara umum dapat disimpulkan bahwa hubungan antara RVK dengan kecepatan kendaraan, angka kecelakaan, dan potensi kecelakaan sangat kuat. Rendahnya RVK di Jalan Srandakan menyebabkan kecepatan kendaraan, angka kecelakaan dan potensi kecelakaan semakin besar.
Kata-kata kunci : kecelakaan, Jalan Srandakan, potensi kecelakaan, volume kapasitas jalan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 09:14 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 09:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5405 |