Indra Kurniawan (2021) STRATEGI PEMERINTAH KOTA CIREBON DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN BIDANG KESEHATAN KEPADA MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PELAYANAN GAWAT DARURAT DAN LAYAD RAWAT PSC 119 KOTA CIREBON). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (366kB)
Bab I.pdf
Download (624kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (930kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (863kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (709kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (811kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<div>
<p>Pelayanan publik merupakan suatu kegiatan pemberian jasa yang dilakukan oleh sebuah instansi pemerintah baik dari pusat hingga daerah. Pelayanan publik itu harus dapat berkembang dan dapat mengikuti perubahan dengan adanya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan, komunikasi, informasi. Akan tetapi pada kenyataannya masyarakat masih beranggapan bahwa pemerintah dalam memberikan pelayanan publik belum maksimal. Dimana masih terdapat berbagai hambatan yang diterima oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik. Pelayanan publik salah satunya yang dibutuhkan oleh masyarakat yaitu pelayanan kesehatan. Terlebih pada saat ini, Negara Indonesia dan seluruh dunia sedang dilanda pandemi covid-19. Maka pemerintah harus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan gawat darurat dan layad rawat merupakan salah satu pelayanan kesehatan. PSC 119 Kota Cirebon merupakan salah satu organisasi yang memberikan pelayanan gawat darurat dan layad rawat di Kota Cirebon.</p>
<p>Penelitian ini difokuskan pada strategi Pemerintah Kota Cirebon dalam meningkatkan kualitas pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat pada masa pandemi covid-19 (Studi kasus pelayanan gawat darurat dan layad rawat PSC 119 Kota Cirebon). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Cirebon dalam meningkatkan kualitas pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu manajemen strategi menurut Jhon M.Bryson yaitu identifikasi mandat dan misi organisasi, analisis lingkungan dengan analisis SWOT, dan analisis isu strategi. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi PSC 119 Kota Cirebon dalam meningkatkan kualitas pelayanan gawat darurat dan layad rawat di Kota Cirebon yaitu 1) Meningkatkan kualitas pelayanan kegawatdaruratan dan layad rawat, 2) Meningkatkan kerjasama dalam memberikan pelayanan gawat darurat dan layad rawat, 3) Menjalankan pelayanan sesuai dengan SOP yang berlaku, 4) Meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kegawatdaruratan.</p>
</div>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 01:40 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 01:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5430 |