Noor Maulida Hayati (2021) The Measurement of ELF Students' Reading Engagement Level. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (424kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Bab I.pdf
Download (117kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (67kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (827kB)
Abstract
<p>Keterlibatan membaca adalah fungsi gabungan dari motivasi, minat, sikap, emosi, pengaturan diri, dan kemampuan untuk mendapatkan keadaan aliran saat membaca. Siswa dengan tingkat keterikatan membaca yang tinggi akan memiliki perasaan senang atau senang dalam kegiatan membaca; mengakibatkan peningkatan prestasi akademik mereka. Namun, studi tentang keterlibatan membaca masih terbatas di Indonesia; terlepas dari kenyataan bahwa keterlibatan membaca sama berdampaknya dengan motivasi membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterikatan membaca mahasiswa English as a Foreign Language (EFL) di salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner untuk memperoleh data. Kuesioner terdiri dari tiga konstruk yang menunjukkan keterlibatan membaca, yaitu konstruk nilai tugas, kecemasan, dan aliran. 149 siswa kelas EFL angkatan 2020 yang terdiri dari 50 siswa laki-laki dan 99 siswa perempuan terpilih sebagai peserta penelitian ini. Metode pendataan dilakukan secara online akibat pandemi Covid-19; Dengan demikian, kuesioner dibagikan kepada para peserta melalui WhatsApp. Pertanyaan penelitian pertama dijawab dengan hasil penelitian ini yang menunjukkan tingkat keterlibatan membaca siswa sebagai 'sedang' berdasarkan skor rata-rata total. Selanjutnya, temuan untuk pertanyaan penelitian kedua menyajikan urutan konstruksi skor tertinggi dari keterlibatan membaca yaitu nilai tugas, alur, dan kecemasan.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:46 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5438 |