Muhammad Hazhari (2021) MOTIVASI MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DALAM MATAKULIAH ILMU NAHWU SECARA ONLINE TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (970kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (211kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (127kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (326kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran online ilmu nahwu dilaksanakan dalam masa pandemi seperti sekarang ini, serta mengetahui motivasi mahasiswa dalam belajar, dan mengungkap faktor pendukung dan penghambat selama pembelajaran dimasa pandemi. Penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian secara online dan langsung dengan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik observasi yang digunakan adalah observasi langsung yaitu penulis mengadakan pengamatan secara langsung terhadap segala subyek yang diteliti dan metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara yang mana peneliti memilih mahasiswa berdasarkan daftar hadir, pengumpulan tugas, serta nilai akhirnya. Lalu penulis menggunakan angket bebas untuk memperkuat data wawancara dan di dokumentasikan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa dalam proses kegiatan belajar nahwu secara online di PBA UMY Dosen pengampuh membuat Rancangan Pembelajaran Semester (RPS). Dosen menggunakan metode blended learning yang kemudian dilaksanakan dengan menggunakan myclass yang telah disediakan oleh kampus. Untuk pertemuan online dosen menggunakan aplikasi seperti zoom dan msteams. Dari hasil penelitian ini motivasi mahasiswa ketika belajar nahwu secara online terbilang cukup rendah. Rendahnya motivasi mahasiswa ini kebanyakan disebabkan oleh faktor eksternal seperti dosen, teman, dan bahkan keluarga. Sedangkan faktor internal atau keinginan untuk belajar nahwu dalam kondisi online ini terbilang tinggi, karena dari 11 angket 8 mahasiswa memiliki keinginan dalam belajar nahwu dan 2 dari 4 wawancara terpilih tertarik dengan pembelajaran online dalam masa pandemi ini.
Kata Kunci : (Motivasi, Pendidikan, Bahasa Arab, Pembelajaran Jarak Jauh)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 08:38 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 08:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5468 |