Naufal M Jundan (2020) INSTAGRAM SEBAGAI ALAT PROMOSI CHICKENPEDIA JOGJA DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (696kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (208kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (557kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Departemen Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Periklanan
Naufal Muhammad Jundan
Instagram Sebagai Alat Promosi Chickenpedia Jogja Dalam Menarik Minat Konsumen
Pada Tahun 2018
Skripsi : 2019 + 148 Halaman + 29 Gambar + 1 Tabel
Daftar Pustaka : 16 Buku + 10 Jurnal
Penelitian ini menganalisis tentang Instagram sebagai alat promosi Chickenpedia Jogja. Dalam menarik minat konsumen pada tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kulitatif dimana hasil dari penelitian ini mencoba menjelaskan atau untuk mengetahui tahapan strategi promosi yang digunakan oleh Chickenpedia. Pada tahapan strategi
promosi tersebut diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi perusahaan kuliner lainnya agar lebih efektif dan juga efesien dalam merencanakan serta melaksanakan promosi pada
Instagram.
Dalam menjawab rumusan masalah peneliti menggunakan teori pendekatan Strategi promosi, Promosi online, dan Media sosial. Hasil dari data yang didapatkan dalam penelitian ini melalui wawancara dan juga pengamatan pada Instagram Chickenpedia. Chickenpedia menggunakan tiga tahapan utama yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan juga evaluasi. Dalam teori perencanaan promosi ternyata Chickenpedia telah menggunakan lima dasar yang dipaparkan dalam teori pendekatan. Adapun wawancara kepada dua informan.
Hasil penelitian menunjukkan efektivitas kegiatan promosi di Instagram Chickenpedia. Misalnya dalam meningkatkan konsumen Chickenpedia menggunakan promosi berupa sales promotion yaitu
give voucher, diskon, makan gratis, memanfaatkan hari-hari besar, dan juga memanfaatkan repost foto konsumen yang telah memposting di akunnya dengan cara tag akun Chickenpedia. Selanjutnya pihak Chickenpedia juga menggunakan endorser, dengan cara merepost foto postingan Chickenpedia di akun-akun foodgram yang telah di endorse. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh Chickenpedia pada Instagram mampu dalam menarik minat konsumen, membangun ketertarikan antara pihak dengan audients, hingga memperkenalkan nama perusahaan lebih luas kepada masyarakat.
Kata kunci: strategi promosi online, instagram, minat konsumen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 07:46 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/547 |