Iwas Gustara (2021) AKTIVITAS CYBER UBLIC RELATIONS INSTAGRAM POLRESTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (519kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (857kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (541kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (277kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (513kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era saat ini sangat berpengaruh pada dunia Public Relations untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang sudah berbasis online, pada pandemi COVID-19 membuat publik harus beradaptasi dengan melakukan aktivitas secara online dikarenakan adanya pembatasan sosial. Dalam situasi tersebut Public Relations harus bisa menggunakan media online sebagai salah satu upaya untuk dapat berkomunikasi dengan publik di tengah pandemi COVID-19, khususnya Polresta Yogyakarta sebagai salah satu media pelayanan dan informasi kepada publik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas Cyber Public Relations Polresta Yogyakarta melalui Instagram di masa pandemi COVID-19. Pada bulan Maret yang merupakan awal dari kemunculan kasus yang terpapar oleh Virus COVID-19 di Indonesia, hingga meningkatnya jumlah korban yang terjadi pada liburan akhir tahun Desember 2020, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan pengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan dua personil humas polresta yogyakarta dan satu followers serta dokumentasi berupa data dan foto dari Instagram @polresjogja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas Cyber Public Relations melalui Instagram dikarenakan menyesuaikan dengan jumlah pengguna dan peminat media sosial yang paling banyak oleh publik. Dalam menyajikan konten informasi berupa foto, video serta infografis yang masih belum maksimal dan perlu adanya pembuatan Guide Book agar dapat memaksimalkan dalam penyajian konten informasi, bahkan terdapat perbedaan pada sebelum pandemi hanya fokus terhadap publikasi terkait dengan kinerja personil Polresta Yogyakarta, sedangkan pada saat pandemi COVID-19 terdapat penambahan konten protokol kesehatan yang hanya bersifat informatif. Kemudian perlu adanya evaluasi secara meyeluruh agar dapat menyajikan konten yang lebih menarik, inovatif serta pemanfaatan fitur Ask me a question, Stories Highlight di Instagram. Evaluasi tersebut juga bermanfaat untuk dapat memaksimalkan penggunaan media sosial Instagram sebagai salah satu media pelayanan informasi dan komunikasi kepada publik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:38 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5472 |