Al Fatih Dzaky Afif (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI ANAK INKLUSIF( TUNANETRA) DI ERA PANDEMI COVID-19 DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020-2021. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Bab I.pdf
Download (269kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan strategi pembelajaran Bahasa arab bagi anak Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta,Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah lima Informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kendala yang dihadapi guru yaitu(1)strategi pembelajaran Bahasa arab dilakukan dengan 3 komponen: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (a) Perencanaan strategi: guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara sederhana. Media pembelajaran menggunakan platform Whatsapp, voice note, Recorder. (b) Pelaksanaan strategi: kegiatan pra-pembelajaran dalam bentuk interaksi sapaan. Interaksi selama pembelajaran, guru dominan menggunakan pola interaksi satu arah. (c) Evaluasi dan penilaian: berupa tes pilihan ganda dengan kombinasi variatif. (2) Jangkauan Internet di MTs Yaketunuis yogyakarta tidak menjadi kendala mendasar, tetapi peserta didik MTs Yaketunuis yogyakarta terhambat jaringan internetnya. (b) Keterbatasan kuota. (c) keefektifan evaluasi pembelajaran bahasa arab. (d) keterlambatan dalam pengumpulan. Kesimpulan Strategi Pembelajaran Bahasa arab di MTs Yaketunuis yogyakarta masuk dalam kategori jenis strategi pembelajaran Ekspositori versi daring karena metode yang dominan digunakan Guru Bahasa arab adalah pendekatan satu arah.
Kata Kunci: Strategi Guru,Anak tunanetra, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 07:57 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 07:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5497 |