STRATEGI KAMPANYE DINAS KESEHATAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENEKAN ANGKA STUNTING PADA TAHUN 2019-2020

Puncak Abdi Gumilar (2021) STRATEGI KAMPANYE DINAS KESEHATAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENEKAN ANGKA STUNTING PADA TAHUN 2019-2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

<p>Penelitian ini membahas tentang strategi kampanye Dinkes DIY dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mencegah stunting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi kampanye yang dilakukan Dinkes DIY dalam mengedukasi masyarakat dan upaya mencegah stunting di DIY. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desktiptif dengan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam dan data sekunder dari buku, internet, foto, maupun dokumen kegiatan kampanye. Uji validitas menggunakan trianggulasi sumber yang membandingkan drajat kepercayaan data dari beberapa sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa strategi kampanye Dinkes DIY di tahun 2019 melalui kampanye besar yang diselenggarakan di Gor Among Rogo dengan menggunakan tiga teknik yaitu partisipasi, asosiasi, dan integratif. Teknik tersebut dilakukan untuk menarik perhatian dan menggerakkan masyarakat dengan diikuti sebanyak 1000 peserta. Sedangkan pencegahan stunting di masa pandemi, Dinkes DIY menggiatkan kembali posyandu, sebanyak 5.724 posyandu yang buka secara bertahap dan aturan buka mengikuti warna zona Covid-19 di lingkungan posyandu. Lalu edukasi difokuskan pada ibu atau keluarga balita yang memiliki masalah gizi. Hal tersebut dilakukan agar menghindari kontak langsung dan mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Kemudian kampanye stunting yang didukung dengan berbagai macam saluran media seperti Tv, Branding Bus Trans Jogja, poster, dan media sosial sebagai upaya Dinkes DIY dalam menyebarluaskan informasi dan edukasi stunting kepada masyarakat di DIY.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:34
Last Modified: 14 Dec 2021 03:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item
View Item