Devinta Febriani (2021) ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME KAPASITAS JALAN DENGAN KECELAKAAN PADA JALAN KUSUMANEGARA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (647kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Kawasan perkotaan merupakan destinasi yang banyak dituju masyarakat untuk bekerja maupun wisata. Hal tersebut membuat volume lalu lintas daerah perkotaan meningkat, tak terkecuali pada Jalan Kusumanegara, Yogyakarta yang merupakan salah satu jalan penghubung menuju icon Kota Yogyakarta “Titik Nol Kilometer”. Padatnya lalu lintas dapat menyebabkan potensi kecelakaan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik potensi kecelakaan dan jumlah kecelakaan, menganalisis rasio volume kapasitas jalan, menganalisis hubungan rasio volume kapasitas jalan dengan kecepatan kendaraan, dan menganalisis hubungan rasio volume kapasitas jalan dengan kecelakaan pada ruas Jalan Kusumanegara. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data primer berupa survei lapangan, serta data sekunder berupa data lalu lintas tahun 2018-2019 dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dan data kecelakaan tahun 2019-2020 dari Kepolisian Resor Kota Yogyakarta. Analisis pada penelitian ini dilakukan dengan pedoman peraturan Bina Marga tahun 1997, analisis kecepatan kendaraan dan angka kecelakaan dengan regresi dan determinasi dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendaraan yang sering terlibat adalah sepeda motor dengan konflik samping-samping dengan persentase 71,79%. Nilai rasio volume kapasitas sebesar 0,64 dengan tingkat pelayanan jalan C. Hubungan rasio volume kapasitas jalan dengan kecepatan kendaraan didapatkan persamaan y= (-147,5x) + 104,4 dan nilai R2= 0,833. Hubungan rasio volume kapasitas jalan dengan potensi kecelakaan didapatkan persamaan y= 0,793e9,810x dan nilai R2= 0,659, sedangkan hubungan rasio volume kapasitas jalan dengan kecelakaan tahun 2019 didapatkan persamaan y= 0,000007e27,85x dan nilai R2= 0,840. Secara umum dapat disimpulkan bahwa nilai rasio volume kapasitas jalan yang tinggi akan mengakibatkan jumlah kecelakaan yang semakin tinggi.
Kata kunci: Kapasitas jalan, kecelakaan, kecepatan kendaraan, rasio volume kapasitas jalan (RVK)
Dosen Pembimbing: | Noor Mahmudah, Dr. Ir., S.T., M.Eng., IPM. | NIDN0003107001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 03:17 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 03:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |