Novita Ayu Indriani (2021) LITERATURE REVIEW: INTERVENSI KEPERAWATAN PSIKOEDUKASI UNTUK MENGATASI GANGGUAN PSIKOLOGIS PADA PASIEN PENYAKIT KRONIS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (383kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB)
Bab I.pdf
Download (371kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (552kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (644kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendahuluan: Proses pengobatan dari penyakit kronis yang berlangsung lama dapat menyebabkan gangguan psikologis karena rasa bosan yang ditimbulkan. Gangguan psikologis apabila tidak segera diatasi dapat menyebabkan pasien enggan melanjutkan pengobatan, sehingga perlu adanya suatu intervensi untuk mengatasi gangguan tersebut. Terapi psikoedukasi adalah terapi yang relevan untuk mengatasi gangguan psikologis karena langsung mengenai psikologis dari pasien. Tujuan: Tujuan literature review ini untuk menelaah jurnal yang menjelaskan tentang keefektifan intervensi psikoedukasi untuk mengatasi gangguan psikologis pada pasien penyakit kronis. Kriteria Inklusi: Tinjauan ini akan mempertimbangkan penelitian yang menggunakan metodologi kuantitatif dan eksperimen berupa terapi psikoedukasi yang diterbitkan dari tahun 2015-2020, dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Review ini juga mempertimbangkan penelitian yang dilakukan pada pasien dengan penyakit kronis yang mengalami gangguan psikologis. Metode: Database yang digunakan dalam tinjauan ini adalah penelitian yang dipublikasikan di PubMed, EBSCOhost, Scopus, dan Google Scholar. Penelitian kritis dalam penelitian yang sesuai dengan kriteria inklusi akan dilakukan oleh penulis dan pembimbing dengan menggunakan JBI Critical Appraisal Checklist untuk penelitian kuantitatif. Rangkuman dari studi yang sudah dipilih akan disajikan di dalam tabel. Hasil: Total terdapat 10 artikel yang diulas. Mayoritas dari kesepuluh artikel yang diulas membuktikan bahwa terapi psikoedukasi efektif untuk mengatasi gangguan psikologis dengan p<0,05, namun terdapat 1 variabel dari artikel yang tidak terbukti efektif dengan p>0,05. Kesimpulan: Terapi psikoedukasi efektif untuk mengatasi gangguan psikologis pada pasien kronis walaupun dengan durasi berbeda dan ketidakseragaman adanya follow-up. Psikoedukasi tersebut dapat dilakukan secara offline maupun online serta dapat dilakukan secara aktif dan kombinasi. Kata kunci: Psikoedukasi, gangguan psikologis, kecemasan, stres, depresi, penyakit kronis, penelitian eksperimen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 03:04 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 03:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5575 |