Kartika Mukti Utami (2021) PENGEMBANAGAN MODUL MOBILE LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INDONESIA UNTUK UJIAN AKHIR SEKOLAH PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 2. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (838kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (803kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Bab I.pdf
Download (369kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (440kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (822kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (360kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (423kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan siswa kurang antusias dalam belajara Bahasa Indonesia, khususnya dalam persiapan menghadapi ujian akhir sekolah. Kurangnya media pembelajaran lain di luar sekolah juga memengaruhi minat dan prestasi hasil belajar siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul mobile learning sebagai media belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui manfaat modul dalam meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa. Modul mobile learning dikembangkan melalui aplikasi Moodle. Modul ini diberikan kepada siswa untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Modul mobile learning yang dapat diakses melalu smartphone/gadget secara online diberikan kepada siswa untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada ujian akhir sekolah (UAS). Dalam penggunaannya, siswa cukup mengerjakan soal pada modul dan mengakses pembahasannya untuk mengetahui jawaban yang benar sehingga termotifasi untuk mengerjakan soal berikutnya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapat melalui uji coba aplikasi dan survei kepada subjek penelitian. Populasi dan sempel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 dengan populasi berjumlah 33 orang dan sampel 18 orang. Dari hasil pengujian aplikasi mobile learning didapat peningkatan rata-rata hasil belajar pada subjek penelitian sebesar 86%. Selain itu data survei yang didapat melalui kuesioner menunjukkan bahwa modul mobile learning dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, modul mobile learning yang dikembangkan melalui aplikasi Moodle dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Ambarketawang 2.
Kata kunci: Mobile Learning; Minat Dan Prestasi Belajar Siswa; Pelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 02:07 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 02:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5641 |