PENGEMBANAGAN MODUL MOBILE LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INDONESIA UNTUK UJIAN AKHIR SEKOLAH PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 2

Kartika Mukti Utami (2021) PENGEMBANAGAN MODUL MOBILE LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR BAHASA INDONESIA UNTUK UJIAN AKHIR SEKOLAH PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 2. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari menyebabkan siswa kurang antusias dalam belajara Bahasa Indonesia, khususnya dalam persiapan menghadapi ujian akhir sekolah. Kurangnya media pembelajaran lain di luar sekolah juga memengaruhi minat dan prestasi hasil belajar siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul mobile learning sebagai media belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui manfaat modul dalam meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa. Modul mobile learning dikembangkan melalui aplikasi Moodle. Modul ini diberikan kepada siswa untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Modul mobile learning yang dapat diakses melalu smartphone/gadget secara online diberikan kepada siswa untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada ujian akhir sekolah (UAS). Dalam penggunaannya, siswa cukup mengerjakan soal pada modul dan mengakses pembahasannya untuk mengetahui jawaban yang benar sehingga termotifasi untuk mengerjakan soal berikutnya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini didapat melalui uji coba aplikasi dan survei kepada subjek penelitian. Populasi dan sempel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 dengan populasi berjumlah 33 orang dan sampel 18 orang. Dari hasil pengujian aplikasi mobile learning didapat peningkatan rata-rata hasil belajar pada subjek penelitian sebesar 86%. Selain itu data survei yang didapat melalui kuesioner menunjukkan bahwa modul mobile learning dapat meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, modul mobile learning yang dikembangkan melalui aplikasi Moodle dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Ambarketawang 2.
Kata kunci: Mobile Learning; Minat Dan Prestasi Belajar Siswa; Pelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:07
Last Modified: 16 Dec 2021 02:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5641

Actions (login required)

View Item
View Item