Witrie Amalia (2020) STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA DIY DALAM UPAYA MENINGKATKAN LENGTH OF STAY WISATAWAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2018 ( STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA KEGIATAN PROMOSI EVENT MALIOBORO NIGHT FESTIVAL TAHUN 2018). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (617kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Bab I.pdf
Download (7MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (279kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (29kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (627kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Event Malioboro Night Festival tahun 2018 merupakan salah satu strategi promosi Dinas Pariwisata DIY untuk mengupayakan peningkatan length of stay wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Length of stay wisatawan di Yogyakarta masih relatif rendah, rata-rata lama tinggal wisatawan hanya sekitar 1,9 hari sedangkan yang ditargetkan sebesar 2,02 hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata DIY dalam upaya meningkatkan length of stay wisatawan di DIY melalui Event Malioboro Night Festival tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data melalui in-depth interview dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengatakan bahwa Strategi promosi Event Malioboro Night Festival tahun 2018 didasari oleh Indikator Kinerja Utama (IKU) serta konsep strategi promosi guna mengupayakan peningkatan length of stay yang telah disusun dan diupayakan oleh Dinas Pariwisata DIY. Tahapan strategi promosi yang dilakukan ialah melakukan rapat koordinasi, menentukan audiens Event dan tujuan promosi, merancang konten promosi, re-placement media promosi dan memilih komunikator pesan promosi, dan menetapkan anggaran promosi. Bauran promosi yang digunakan hanya melalui advertising dan Public Relations. Kegiatan promosi melalui advertising bekerjasama dengan PAIJO buzzer platform media sosial, serta bekerjasama dengan media berita online dan beberapa website travel tour yang ada di DIY. Dinas Pariwisata DIY juga melakukan promosi offline dengan menyebarkan flyer yang berupa calendar of Event tahun 2018, hingga poster Event Malioboro Night Festival tahun 2018. Sedangkan kegiatan promosi melalui public relations melalui kegiatan press conference kepada beberapa media guna terciptanya informasi melalui yang valid dan terarah. Peneliti menilai bahwa bauran promosi yang digunakan belum optimal karena kurang bervariasi dan belum bisa menjangkau banyak audiens melalui promosi yang telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:44 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/565 |