Fitriana Fajar Mustofa (2020) Exploring Demotivating Factors Experienced by Senior High School Students in English Learning. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (524kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (537kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab I.pdf
Download (140kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (145kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (839kB)
Abstract
Demotivasi merupakan sebuah kendala atau masalah yang berkaitan dengan rasa keputus asaan dalam proses belajar. Demotivasi biasanya dialami oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Jika terjadi secara terus menerus kondisi itu akan mengakibatkan siswa sulit dalam memperoleh pencapaian belajar yang bagus. Berdasarkan buruknya dampak yang dapat diakibatkan oleh demotivasi sehingga munculah penelitian ini yang bertujuan untuk mengksplorasi faktor yang menyebabkan siswa merasa demotivasi dalam belajar Bahasa Inggris. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penilitian qualitative dan design penelitian berbasis phenomena untuk mendapatkan data yang lebih dalam. Selain itu, penelitian ini dilakukan disalah satu sekolah sma swasta di Yogyakarta dan melibatkan tiga siswa dalam proses penelitian ini. Selain itu, peniliti melakukan interview untuk mendapatkan data yang lebih komprehensif. Sebagai hasislnya, dalam penelitian ini ditemukan sepuluh faktor yang menyebabkan siswa menjadi dimotivasi. Faktor- Faktor tersebut dikelompokan ke dua kelompok utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut yang termasuk dalam faktor internal yang menyebabkan siswa menjadi demotivasi, diantaranya: kurangnya rasa percaya diri, pemikiran yang buruk terkait Bahasa Inggris, malas dan mood individu. Selain itu terdapat enam eksternal faktor demotivasi yang ditemukan dalam penelitian ini, diantaranya : teman kelas, institusi, guru, orang tua, kurang memahami materi dan kosa kata asing.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 07:35 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/569 |