Ummi Sarah Anggitama Harahap (2021) KEEFEKTIFAN METODE AL-BARQY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIRAGANA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (763kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (213kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Membaca huruf hiragana adalah kunci awal untuk mempelajari bahasa Jepang, dikarenakan materi pembelajaran lanjutan bahasa Jepang banyak menggunakan huruf hiragana. Namun, pembelajar huruf hiragana permulaan banyak yang mengalami kesulitan untuk membedakan huruf tersebut satu sama lain karena huruf hiragana memiliki kemiripan satu sama lainnya dan jumlah hurufnya ada banyak yaitu 46 huruf. Metode penelitian yang digunakan dalam Laporan Skripsi ini adalah metode kuantitatif eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design yang membandingkan kemampuan membaca huruf hiragana dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes , angket dan catatan lapangan. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa pada awalnya kemampuan membaca huruf hiragana kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama dikategorikan kedalam kategori tidak lulus . Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretest yang diperoleh kelas eksperimen hanya 36,67 dan kelas kontrol 40,67. Setelah dilakukan treatment (perlakuan) kemampuan membaca hiragana kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol, Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thtung (4,56) >ttabel (1,41). Setelah itu ditemukan adanya perbedaan nilai normalized gain antara kemapuan membaca huruf hiragana kelas eksperimen dan kelas kontrol,yaitu 0,86 pada kelas eksperimen dan 0,66 pada kelas kontrol. Jadi, berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa metode Al-Barqy mampu meningkatkan kemampuan membaca hiragana. Berdasarkan hasil data penelitian angket diketahui bahwa respon siswa terhadap metode Al-Barqy sangat baik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hiragana.
Kata Kunci : Membaca, Hiragana dan Al-Barqy
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:36 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 07:36 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5722 |