MOTIF FOLLOWERS MILENIAL MENGAKSES INFORMASI KESEHATAN MENTAL DI AKUN INSTAGRAM @RILIV

Rizka Sholeha (2021) MOTIF FOLLOWERS MILENIAL MENGAKSES INFORMASI KESEHATAN MENTAL DI AKUN INSTAGRAM @RILIV. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

<p>Perkembangan media baru memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam mencari informasi. Saat ini informasi tentang kesehatan mental menjadi perbincangan populer di media seperti Instagram karena penggunanya yang didominasi oleh milenial. Edukasi kesehatan mental dianggap penting karena tingkat stres milenial cenderung lebih tinggi. Salah satu akun Instagram yang banyak digemari dalam membahas isu kesehatan mental adalah @riliv. Dalam penelitian ini menggunakan teori motif penggunaan <em>new media </em>yang terdiri dari lima kategori motif yaitu informasi, identitas pribadi, relasi sosial, hiburan, dan berdiskusi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melihat motif <em>followers </em>dalam mengakses informasi di akun Instagram @riliv. Sampel yang diambil sebanyak 403 responden <em>followers </em>@riliv yang terdiri dari 301 perempuan dan 102 laki-laki, rentang usia tertinggi yaitu 21-25 tahun sebanyak 200 responden, dan pelajar/mahasiswa menjadi pekerjaan tertinggi sebanyak 239 responden. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan kuesioner dan studi dokumen. Berdasarkan hasil <em>One Sample T-Test </em>menunjukkan adanya perbedaan mean antar motif yang signifikan sehingga didapatkan motif tertinggi <em>followers </em>dalam mengakses @riliv adalah motif informasi dengan rata-rata sebesar 2,90. Hal tersebut membuktikan akun @riliv dianggap telah memenuhi kebutuhan <em>followers </em>dalam memberikan konten informatif tentang jenis-jenis dan tips mengelola kesehatan mental, edukasi berupa <em>self love, self harm, </em>dan <em>body positivity</em>, serta layanan @riliv telah memiliki kredibilitas yang bekerjasama dengan Asosiasi Psikologi Indonesia. Melalui tabulasi silang didapatkan karakteristik bahwa pelajar/mahasiswa perempuan usia 21-25 tahun lebih mendominasi mengakses @riliv karena tekanan yang dialami saat pembelajaran di masa pandemi menyebabkan emosional yang tidak stabil sehingga membutuhkan edukasi dalam menjaga kesehatan mental.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:44
Last Modified: 13 Dec 2021 07:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/5918

Actions (login required)

View Item
View Item