Damar Al-Fath (2021) CITRA TRANS JOGJA DALAM MEDIA ONLINE LOKAL (ANALISIS ISI KUANTITATIF CITRA TRANS JOGJA DALAM MEDIA ONLINE LOKAL https://jogja.tribunnews.com DAN www.krjogja.com TAHUN 2011 - 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Bab I.pdf
Download (679kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
<p>Penelitian ini merupakan analisis isi citra Trans Jogja dalam media online lokal jogja.tribunnews.com dan krjogja.com tahun 2011-2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra Trans Jogja melalui media online lokal tahun 2011-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi kuantitatif tematik, yaitu unit analisis yang lebih melihat tema (topik) pembicaraan dari suatu teks. Pengkodingan dilakukan oleh dua pengkoder, yaitu penulis atau peneliti sendiri dan orang lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan latar belakang dalam kajian Ilmu Komunikasi mendapatkan nilai A dalam mata kuliah MPK I (Kuantitatif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Citra yang ditampilkan berita media online lokal terhadap Trans Jogja selama 10 tahun, lebih mengarah citra negatif. Hal ini didasari dua dari empat elemen citra, yaitu <em>value</em> dengan indikator terpadu (jogja.tribunnews.com dengan pernyataan 64 positif, 48 netral, 117 negatif dan krjogja.com dengan pernyataan 12 positif, 9 netral, 11 negatif) dan <em>corporate identity</em> dengan indikator aman (jogja.tribunnews.com dengan pernyataan 11 positif, 14 netral, 51 negatif dan krjogja.com dengan pernyataan 2 positif, 0 netral, 3 negatif) serta nyaman (jogja.tribunnews.com dengan pernyataan 22 positif, 1 netral, 14 negatif dan krjogja.com dengan pernyataan 1 positif, 3 netral, 4 negatif). Banyak kejadian yang diunggah media online lokal jogja.tribunnews dan krjogja berupa kecelakaan bus, supir ugal-ugalan, masalah internal perusahaan Trans Jogja dengan karyawan atau pegawai dan sarana serta prasarana yang kurang baik, terutama kurang ramah bagi kaum difabel dan lansia. Menanggapi respon akan keadaan tersebut Trans Jogja memberikan kesan positif berupa elemen <em>personality</em> dengan indikator efisien (jogja.tribunnews.com dengan pernyataan 81 positif, 20 netral, 10 negatif dan krjogja.com dengan pernyataan 5 positif, 6 netral, 6 negatif). Hal ini dilihat dengan pengrobanan Trans Jogja bersama <em>stakeholder</em> terkait dengan biaya besar dalam memperbaiki sarana dan prasarana angkutan kota Jogja ini untuk warga nyaman saat naik bus Trans Jogja.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:58 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6001 |