Alim Javier Ardyansyah (2021) PESAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE HOBBY MAKAN (ANALISIS RESEPSI TEORI STUART HALL). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (383kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab I.pdf
Download (267kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (566kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (433kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Aktivitas dakwah pada era teknologi, tidak hanya dapat dilakukan secara konvensional, namun aktivitas dakwah dapat dilakukan melalui berbagai media. Saat ini dengan adanya jaringan tanpa kabel atau internet, para da’i atau penggiat dakwah dapat berdakwah melalui internet dan media sosial. Salah satunya adalah channel Hobby Makan yang bermaksud agar setiap penontonnya juga bisa mengikuti jejak dari apa yang dilakukan oleh channel ini. Kegiatan yang menunjukkan sisi pesan dakwah dalam bermuamalah dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah dan pemaknaan pesan dakwah yang dilakukan oleh channel YouTube Hobby Makan pada penonton. Penelitian ini menggunakan kualitatif dan bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis resepsi milik Stuart Hall. Yaitu memahami proses dalam pemaknaan pada khalayak saat mengkonsumsi media, dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi kepada 6 informan yang terdiri dari kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam non Muhammadiyah dan Universitas umum baik Negri ataupun Swasta. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa channel ini lebih banyak memberikan pesan dakwah dalam hal bermu’amalah, khususnya dalam berbagi dan bersedekah dan dari 3 posisi pembacaan pesan khalayak milik Stuart Hall yaitu dominant position, Negotiation position, dan oppositional position. Posisi pembacaan khalayak didominasi oleh posisi dominan, kemudian diikuti dengan posisi negosiasi dan yang terakhir pada posisi oposisi.
Kata Kunci : Pesan Dakwah, Youtube, Analisis Resepsi, Encoding and Decoding
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 06:13 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 06:13 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6034 |