ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PANDANGAN MASYARAKAT PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus CV Barokah Merapi Kabupaten Magelang )

Tri Yoga Pamungkas (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN PANDANGAN MASYARAKAT PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus CV Barokah Merapi Kabupaten Magelang ). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi <em>Corporate Social Responsibility </em>(CSR) pada perusahaan pertambangan dalam perspektif ekonomi Islam dan dampak penerapan program CSR pada masyarakat sekitar. Metode penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik <em>field research</em>. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta data internal CV Barokah Merapi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada praktiknya CV Barokah Merapi sudah menggambarkan indikator dari unsur Implementasi CSR secara Islami dengan mengedepankan kepentingan umum dalam kegiatan operasional yang juga tercermin dari unsur <em>Al-adl, Al-ihsan, Siddiq, Amanah, Fathonah</em>, serta <em>Tabligh</em>. CSR yang dilakukan terbagi menjadi 3 (tiga) macam antara lain: CSR di bidang kelestarian lingkungan alam yang diwujudkan dalam bentuk reklamasi lahan tambang dengan penanaman pepohonan serta dengan pemeliharaan arus sungai. Kedua, CSR peduli sesama yang di wujudkan dalam bentuk pemberian bantuan kepada fakir miskin, kaum duafa, serta masyarakat sekitar yang membutuhkan. Ketiga, yaitu CSR dalam bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat hal ini terwujud dari suplay material untuk pembangunan masjid serta prasarana umum lainnya dan juga memberikan dukungannya dalam program kegiatan pemuda di lingkungan sekitar. Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat CV Barokah Merapi juga memberikan bantuan kepada masyarakat untuk mengangkat bakat para pemuda sebagai donator dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pemuda.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2021 03:11
Last Modified: 06 Nov 2021 03:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item
View Item