Khoirunnisa Rahma (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ISLAM (STUDI ANALISIS KITAB NASAIH AL-KHATTATIN KARYA DIDIN SIRAJUDDIN AR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Bab I.pdf
Download (604kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (770kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (690kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Kitab Na??ih Al-Kha?????n yang disusun oleh Didin Sirajuddin, untuk mengetahui bagaimana menumbuhkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran seni kaligrafi Islamserta relevansi dan urgensinya terhadap Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Objek material kajian pustaka dengan menggunakan sumber primer Kitab Na??ih Al-Kha?????n dan sumber sekunder diambil dari buku-buku nilai-nilai pendidikan karakter, kaligrafi Islam dan sumber-sumber yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini adalah (content analysis) yaitu analisis isi dengan membaca, menganalisis dan menginterprestasikan berdasarkan kerangka teori yang digunakan.
Hasil pembahasan dari penelitian ini menjelaskan bahwa menurut Didin Sirajuddin proses menumbuhkan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kaligrafi yang paling penting adalah dengan banyak latihan kemudian menggunakan metode pembelajaran yang tepat yaitu dengan proses imitating, creating, dan characterizing. Seiring dengan dilakukanya proses tersebut tumbuhlah nila-nilai pendidikan karakter. Kemudian nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dari penjelasan dan pembahasan dari kitab Na??ih Al-Kha?????n adalah religius, tekun dan disiplin, teliti dan cermat, kebersihan, kesabaran, kreatif, kerja keras, menghargai prestasi dan karya orang lain. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Na??ih Al-Kha?????n memiliki relevansi yang erat karena kaligrafi adalah huruf-huruf al-Qur'an dan al-Qur'an adalah bagian dari agama, maka sangat relevan kaligrafi dengan peningkatan akhlak atau pembinaan karakter manusia, dengan belajar kaligrafi, dengan melukis dan menulis kaligrafi maka akan menjadi seorang yang berbudi pekerti luhur, dari hubungan ini sangat perlu untuk ditumbuhkan dan dikembangkan pada Pendidikan Agama Islam, karena Jika seni kaligrafi Islam diintegrasikan dalam Pendidikan Agama Islam, maka dapat mengasah perkembangan kemampuan berpikir kritis, mengapresiasi hasil, dan mengaplikasikan nilai-nilai seni budaya dalam perilaku nyata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2021 07:31 |
Last Modified: | 06 Nov 2021 07:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6295 |