Desy Utari (2021) PESAN DAKWAH AKUN INSTAGRAM @ACTFORHUMANITY (ANALISIS ISI POSTINGAN COVID-19 AKUN INSTAGRAM @ACTFORHUMANITY). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (582kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (344kB)
Bab I.pdf
Download (477kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (733kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Awal tahun 2020 seluruh dunia dikejutkan dengan menyebarnya sebuah virus yaitu Covid-19. Social distancing dan work from home secara tidak langsung berpengaruh pada penggunaan media sosial. Salah satu media sosial sebagai media dakwah yang populer di Indonesia yaitu Instagram. Pesan dakwah terbagi menjadi tiga yaitu, akidah, akhlak dan syariat. Aksi Cepat Tanggap (ACT) adalah lembaga nirlaba yang bergerak dibidang kemanusiaan. Akun Instagram @actforhumanity memposting kegiatan, edukasi, serta informasi terkait Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja isi postingan dan pesan dakwah postingan Covid-19 pada akun Instagram @actforhumanity bulan Januari-Desember 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa jumlah postingan akun Instagram @actforhumanity bulan Januari-Desember berjumlah 2.630. Postingan Covid-19 berjumlah 518 dan postingan non Covid-19 berjumlah 2.112. Postingan dengan format foto berjumlah 1.498 dan postingan format video berjumlah 1.132. Postingan dengan like terbanyak adalah bulan Maret yaitu sebanyak ±1.568.665 like. Dari beragam jenis postingan akun @actforhumanity, postingan mengenai liputan program ACT adalah postingan paling banyak yaitu sebanyak 361 postingan. Selanjutnya, postingan mengenai Covid-19 dengan format foto dianalisis untuk mengetahui pesan dakwahnya. Pesan dakwah postingan mengenai Covid-19 kategori aqidah berjumlah 0, kategori akhlak berjumlah 280, dan kategori syariat berjumlah 29 postingan. Persentase pesan dakwah postingan Covid-19 akun Instagram @actforhumanity kategori akidah adalah 0%, akhlak 91%, dan syariat 9%. Jenis pesan dakwah kategori akhlak kepada manusia merupakan yang paling banyak diposting dengan jumlah 278 postingan. Hal ini menunjukkan bahwa ACT fokus untuk memposting mengenai hal-hal terkait kemanusiaan pada akun Instagramnya.
Kata Kunci: Covid-19, Pesan Dakwah, Akun Instagram @actforhumanity, Analisis Isi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 04:17 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 04:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6338 |