Bohong dalam Pendidikan Anak: Analisis Makna Hadis dan Fenomena Empiris

Nor Khalimah (2021) Bohong dalam Pendidikan Anak: Analisis Makna Hadis dan Fenomena Empiris. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna hadis mendidik anak dengan berbohong dan fenomena empiris mendidik anak dengan berbohong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka (<em>library research</em>) dan survei. Data yang diperoleh dari sumber-sumber primer dan sekunder berupa kitab, buku, jurnal, makalah, dan literatur lainnya serat didukung dengan data wawancara dalam menganalisis fenomena empiris. Setelah data diperoleh dan terkumpul, data dianalisis secara deskripsi, induksi dan deduksi.</p>

<p>Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna hadisnya adalah dilarang berbohong pada anak, karena anak adalah peniru ulung orang-orang yang ada di sekitarnya terlebih lagi orang tuanya. Akan tetapi, terdapat bohong yang ditolerir dengan kriteria kebohongan tersebut bertujuan untuk menjemput kemaslahatan yang lebih besar dan dalam keadaan darurat/terpaksa. Alasan orang tua menggunakan taktik bohong ini agar anak mengikuti/ menuruti instruksi orang tua. Mendidik anak dengan berbohong memiliki dampak terhadap kepribadian anak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positif anak menjadi penurut. Sedangkan dampak negatifnya, kemungkinan besar anak meniru kebohongan orang tua, berkurang rasa percaya pada orang tua, penakut, tidak mengakui kesalahan, tidak mau mengalah dan pembangkang.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:32
Last Modified: 08 Nov 2021 07:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6355

Actions (login required)

View Item
View Item