Mahasri Sobahiya (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN (BTA) SECARA DARING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (943kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (520kB)
Bab I.pdf
Download (407kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (699kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (961kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (715kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui strategi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) secara berani di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 2) mengkaji apa saja keberhasilan strategi pembelajaran BTA 3) dan menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran BTA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di UMY, objek penelitianya adalah strategi pembelajaran BTA sedangkan untuk subjek penelitianya adalah dosen pembimbing BTA berjumlah 20 pengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan melalui empat tahap yakni; pengamatan, ketekunan dalam penelitian, triangulasi sumber dan penggunaan bahan reverensi sedangkan teknik analisis data pada menggunakan teknik analisis menurut Miler dan Huberman, yang mencakup tiga kegiatan secara bersamaan yakni; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verivikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajar BTA di UMY telah diterapkan tiga strategi pembelajaran menurut teori Isriani Hardini dan Dewi Puspitasari, yakni strategi prainstruksional, instruksional strategi dan penilaian dan tindak lanjut hanya saja perbedaan perbedaan pada implementasinya karena pembelajaran saat ini dilaksanakan secara berani. Keberhasilan strategi pembelajaran BTA secara berani di UMY terdapat tiga yakni; mahasiswa lulus ujian evaluasi, mahasiswa sudah mempraktekkan budaya membaca al-Qur'an dan mahasiswa telah mengenal hukum tajwid serta mampu membaca al-Qur'an dengan baik dan benar. Kemudian untuk faktor pendukung yaitu antusias dari mahasiswa, jaringan yang mencukupi bagi pengajar, tersedianya kemudahan informasi dan insentif, jadwal pengajar yang tidak berbenturan dan media pembelajaran yang bervariasi. Sedangkan faktor penghambat : kendala jaringan mahasiswa, jadwal BTA mahasiswa yang bertabrakan, adanya mis komunikasi dan pemberian materi yang kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:21 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6410 |