Upaya Guru Ismuba dalam meningkatkan kesadaran belajar siswa pada proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah Gamping pada masa pandemi covid 19

Laela Istiana (2021) Upaya Guru Ismuba dalam meningkatkan kesadaran belajar siswa pada proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah Gamping pada masa pandemi covid 19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya wabah virus Covid-19, yang menyebabkan seluruh sistem pembelajaran di lembaga pendidikan dialihkan kepada metode pembelajaran online atau dalam jaringan (daring). Adanya gangguan dalam proses pembelajaran menyebabkan terjadinya beberapa perubahan terhadap peserta didik yang pada akhirnya berpengaruh terhadap kesadaran belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis upaya guru ISMUBA dalam meningkatkan kesadaran belajar siswa pada proses pembelajaran 2) Menganalisis kesadaran belajar siswa, 3) Menganalisis faktor yang mempengaruhi kurangnya kesadaran belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Gamping. Subyek penelitian ini adalah guru ISMUBA, kepala sekolah, guru BK, dan siswa di SMK Muhammadiyah Gamping. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif model Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, upaya yang dilakukan oleh guru ISMUBA dalam meningkatkan kesadaran belajar siswa yaitu memberikan motivasi kepada siswa, melakukan pembelajaran blanded learning, kemudian guru ISMUBA selalu menegur, mengingatkan kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas, tidak hadir dalam pembelajaran, siswa yang membuat gaduh saat dikelas atau siswa yang tidak memperhatikan guru ketika dikelas

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:23
Last Modified: 08 Nov 2021 07:23
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6428

Actions (login required)

View Item
View Item