Annisa Nardin Anelya (2021) Penerimaan Penonton terhadap Pergeseran Tren Perempuan Gemuk dalam Program Televisi di Metro TV dan Trans 7. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (324kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (82kB)
Bab I.pdf
Download (214kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (820kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (434kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerimaan Penonton terhadap Pergeseran Tren Perempuan Gemuk dalam Program Televisi Metro TV – 360 “Besar Bukan Ukuran” dan Trans 7 – Redaksi Trans 7 “Komunitas Orang Gemuk”. Jika selama ini perempuan gemuk dikonstruksi memiliki stereotipe negatif, pada penelitian ini perempuan gemuk dikonstruksi dapat menjadi inspirasi bagi penonton bahwa semua tubuh itu sama saja dan perempuan gemuk saat ini tidak perlu berkecil hati dengan berat dan ukuran tubuhnya, karena standar kecantikan tidak hanya dinilai dari ukuran saja. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan teori reception analysis Stuart Hall dengan teknik pengambilan data wawancana mendalam (in-depth interview) yang telah mendapatkan ijin dari masing-masing informan untuk dituliskan dalam sebuah penelitian. Peneliti memilih sembilan orang informan dan hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa mayoritas informan memberikan pemaknaan yang sama terhadap keseluruhan pesan yang disampaikan atau berada pada posisi Dominant Hegemonic. Meskipun demikian, beberapa informan juga memiliki pendapat yang menarik, menempati posisi Negotiated Reading dan Oppositional Reading. Perbedaan pemaknaan informan tersebut disebabkan oleh faktor ideologi gender, faktor pengetahuan kesehatan dan fashion, serta faktor lingkungan pertemanan. Namun, dari beberapa faktor yang mempengaruhi cara pandang informan, faktor yang paling dominan mempengaruhi penerimaan para informan adalah faktor ideologi gender. Terlihat dalam penelitian ini para informan cenderung melakukan penerimaan sesuai dengan ciri-ciri gender seorang perempuan dan laki-laki.
Kata Kunci: Reception Analysis, Pergeseran Tren Perempuan Gemuk, Program Televisi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 03:09 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:09 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6516 |