The Senior High School Students’ Perception on The Use of Oral Presentation to Assess Student Speaking Skill

Saikhul Mujib (2021) The Senior High School Students’ Perception on The Use of Oral Presentation to Assess Student Speaking Skill. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

<p>Presentasi lisan adalah metode penting untuk menilai kemampuan berbicara siswa terutama di sekolah menengah atas. Presentasi lisan dilakukan oleh siswa yang menjelaskan materi secara lisan di depan audiens. Dalam hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan presentasi lisan sebagai penilaian berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan wawancara untuk mengumpulkan data. Tiga partisipan dari siswa SMA di Sleman dipilih oleh peneliti. Hasil penelitian ini menemukan bahwa siswa mengalami beberapa kesulitan dalam melakukan presentasi lisan. Berdasarkan peserta, kesulitan tersebut meliputi memahami masalah materi, masalah tata bahasa, masalah menghafal, masalah kepercayaan diri, masalah manajemen waktu, dan masalah berhubungan dengan audiens. Selain itu, siswa juga memiliki strategi dalam menghadapi presentasi lisan. Berdasarkan pernyataan peserta, strategi yang dilakukan antara lain fokus pada gagasan utama materi, belajar grammar, menghafal, meninggikan suara, mengatur materi, dan membuat suasana nyaman.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 02:02
Last Modified: 08 Nov 2021 02:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6539

Actions (login required)

View Item
View Item