Oktariady F Rachmady (2021) MANAJEMEN HUMAS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN CITRA (Studi Deskriptif Kualitatif Manajemen Humas dalam Membangun Citra Sebagai Universitas Muda Mendunia Melalui Instagram Tahun 2020). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (217kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
<p>Perkembangan teknologi informasi membuat para praktisi <em>public relations</em> atau Hubungan Masyarakat (Humas) harus bisa beradaptasi dan mampu untuk menerapkan kegiatan kehumasan berbasis media online. Penelitian ini menganalisis mengenai manajemen humas Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam membangun citra melalui Instagram pada tahun 2020.Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen humas yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk membangun citra melalui pemanfaatan media sosial Instagram pada tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen humas Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam membangun citra melalui media sosial Instagram pada tahun 2020 sudah berjalan cukup baik, diawali dengan adanya perencanaan jangka panjang yaitu Rencana Strategis (Renstra) untuk menjadikan UMY sebagai <em>Internasional Reputable University</em> dalam periode 5 tahun dan program jangka pendek yaitu program tahunan yang terdapat dalam Indikator Kinerja Stratgeis (IKS). Pembangunan citra universitas dalam IKS memiliki target 90% yang harus dicapai. Terkait hal tersebut, Biro Humas dan Protokol (BHP) diberikan tugas dan tanggung jawab untuk membangun citra UMY, BHP memanfaatkan salah satu media sosial Instagram karena Instagram UMY (@umyogya) memiliki pengikut (<em>followers</em>) terbanyak dari media sosial lainnya dengan target sasaran generasi muda di usia 18-34 tahun. Pelaksanaan BHP dalam membangun citra di Instagram dilakukan secara tidak langsung (<em>soft</em>) dengan memasukan unsur citra muda mendunia. Citra muda mendunia dalam Instagram @umyogya ditampilkan melalui unggahan prestasi dan capaian dari civitas UMY, penggunaan hastag #sobatmudamendunia disetiap unggahan dan penulisan caption yang terdapat 20,7% kata-kata muda mendunia. Evaluasi program pembangunan citra melalui Instagram dilaksanakan setiap bulan dan telah mencapai target yaitu 93% pada tahun 2020, sehingga BHP akan terus berusaha untuk tetap mempertahankan citra UMY sebagai Universitas Muda Mendunia dengan cara memperbanyak interaksi dengan <em>Followers</em> dan memaksimalkan penggunaan di Instagram sebagai media untuk membangun citra.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 07:35 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 07:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6668 |