Novrial Hari Sandi (2021) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) DIY DALAM MENSOSIALISASIKAN JOGJA PASS DI DIY TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (570kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Bab I.pdf
Download (545kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (448kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi Diskominfo DIY dalam mensosialisasikan aplikasi Jogja Pass dalam mencegah penyebaran Covid-19 tahun 2020. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran tentang strategi komunikasi, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat serta mendeskripsikan gambaran tentang tanggapan peserta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskripstif kualitatif, dengan mendapatkan sumber yang berasal dari data wawancara dan dokumentasi berupa arsip perusahaan atau instansi.<br>
Dalam strategi komunikasi program aplikasi Jogja Pass ini terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, implementasi, dan yang terakhir evaluasi. Tahap perencanaan meliputi dengan mengidentifikasi visi-misi, penentuan program, menentukan tujuan dan komunikator, seleksi khalayak, pesan, anggara, penyusunan jadwal kegiatan, dan pemilihan media. Pelaksanaan strategi komunikasi difokuskan dengan menggunakan media online dan elektronik dengan komunikasi tatap muka, media cetak sebagai media pendukung. Evaluasi hanya dilakukan secara informal. Evaluasi yang dilukakan berdasarkan data yang diperoleh.<br>
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi Diskominfo DIY memfokuskan dengan komunikasi tidak langsung yaitu menggunakan media elektronik dan media online, karena melalui media online dan elektronik ini juga sebagai pendukung tujuan utama program aplikasi Jogja Pass ini, serta media-media lain untuk mendukung berjalannya program ini. Namun, dalam kegiatan ini terkendala karena media yang digunakan lebih memfokuskan untuk kalangan anak muda karena lebih dominan mengguanakan media sosial dan tidak adanya evaluasi secara formal untuk mengetahui secara tepat program ini berjalan lancar atau tidak.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 04:26 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 04:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6735 |