Efektivitas Aplikasi Android Obenkyo dalam Menghafal Huruf Hiragana dan Katakana pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

M. Thufail Failasuf Putra K (2021) Efektivitas Aplikasi Android Obenkyo dalam Menghafal Huruf Hiragana dan Katakana pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

<p>Pesatnya bidang ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi berdampak besar bagi dunia pendidikan. Dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka dibutuhkan suatu alat atau media pembelajaran yang sesuai. Salah satu media tersebut adalah aplikasi android <em>Obenkyo</em>. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa dalam menghafal huruf <em>Hiragana</em> dan <em>Katakana</em> sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi android <em>Obenkyo</em>, apakah aplikasi android <em>Obenkyo</em> efektif dalam menghafal huruf <em>Hiragana</em> dan <em>Katakana</em> kepada siswa, bagaimana respon siswa terhadap penggunaan aplikasi android <em>Obenkyo</em> dalam menghafal huruf <em>Hiragana</em> dan <em>K</em><em>atakana</em>. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian <em>Quasi Experimental Design</em> berupa <em>Time</em> <em>Series</em> <em>Design</em>. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan menghafal huruf <em>Hiragana</em> dan <em>Katakana</em> pada siswa sebelum menggunakan aplikasi android <em>Obenkyo</em> tergolong buruk. Sedangkan kemampuan menghafal huruf <em>Hiragana</em> dan <em>Katakana</em> pada siswa setelah menggunakan aplikasi android <em>Obenkyo</em> sudah baik dan ada peningkatan. Aplikasi android <em>Obenkyo</em> kurang efektif dalam menghafal huruf <em>Hiragana</em> dan <em>Katakana</em>. Tanggapan siswa mengenai penggunaan aplikasi android <em>Obenkyo</em> adalah sebagian besar siswa setuju bahwa aplikasi <em>Obenkyo</em> merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh pembelajar bahasa jepang karena berisi materi pembelajaran yang cukup lengkap. Sebagian besar siswa sangat setuju bahwa dengan adanya aplikasi <em>Obenkyo</em> menjadikan belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:56
Last Modified: 13 Dec 2021 03:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6771

Actions (login required)

View Item
View Item