Teguh Ismi Firmando (2021) TA'TSIRU TA'LIMI TAHSINIL QUR'AN 'ALA MAHAROTI QIRO'ATI NUSUS AL'AROBIAH LITULLAB ASHOFFI ASSABI' BIL MADROSATI ATSANAWIAH HAMALATUL QUR'AN BANTUL LIL'AMI ADDIROSI 2019/2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (561kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab I.pdf
Download (364kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (341kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan antara
pengaruh pembelajaran tahsin Al-Qur’an terhadap keterampilan membaca teks bahasa Arab siswa
kelas VII SMP Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian
kuntitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Bantul dengan menggunakan
tehnik acak atau random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah tehnik
analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS. Analisis regresi yang digunakan adalah
dengan melihat output coeeficient, output annova, serta output model summary.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) nilai rata- rata tes kemampuan membaca AlQur’an termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata- rata sebesar 95,67. 2) nilai ratarata tes keterampilan membaca teks bahasa Arab termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai
93,12. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tahsin Al-Qur’an terhadap
keterampilan membaca teks bahasa Arab di tunjukkan dengan pengaruh yang sangat kuat antara
kedua variable dengan nilai KP = R Square x 100% . Adapun prosentase pengaruh kedua variable
dilihat dari nilai R Square = 92 x 100% = 92%. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik siswa
dalam membaca Al-Qur’an, semakin baik pula kemampuan keterampilan membaca teks bahasa
Arab nya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 06:57 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 06:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6785 |