Agung Wicaksono (2021) STRATEGI PROMOSI DINAS PARIWISATA KABUPATEN SLEMAN DALAM MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN MELALUI EVENT VOLCANO RUN TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (348kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Bab I.pdf
Download (501kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (722kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (960kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (51kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (514kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menggunakan event Volcano Run tahun 2019 sebagai media promosi pariwisata guna meningkatkan minat wisatawan datang ke Kabupaten Sleman. Volcano Run tahun 2019 merupakan pelaksanaan pertama yang berlangsung di sekitar kawasan
Museum Gunungapi Merapi, hal ini tentunya menjadikan daya tarik tersendiri. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana event ini menjadi sebuah strategi promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman. Dalam penyusunan makalah skripsi, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek
penelitian secara menyeluruh dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata, bahasa dengan metode alamiah. Langkah-langkah dalam pengumpulan data dilaklukan menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi dan literatur terkait.
Wawancara dilakukan secara luring dengan tiga narasumber yaitu Dra. Shavitri Nurmala Dewi, MA, Handiwa Thariq dan Aris Herbandang, S.IP sebagai pihak yang terlibat dalam perencanaan serta pelaksanaan. Temuan yang telah penulis
temukan yakni Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman telah melakukan perencanaan serta pelaksanana event Volcano Run 2019 dengan sangat baik, adapun pendekatan bauran promosi yang dilakukan ada tiga, pertama dengan periklanan, kedua
promosi penjualan langsung dan terkahir event sponsorship di luar ini Dinas Pariwisata juga melakukan jumpa pers. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman berhasil menggunakan sebuah event sebagai media meningkatkan kunjungan wisatawan, terlebih pada tempat-tempat wisata yang
sebelumnya digunakan sebagai lokasi event, hal ini dibuktikan dengan data jumlah kunjungan yang naik secara signifikan.
Kata kunci: Strategi Promosi, Event, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman pariwisata
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 02:27 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 02:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6804 |