Nindia Ramadani (2021) PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP POLA PIKIR ANAK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS : SD NEGERI GODEAN 1 DAN SD MUHAMMADIYAH SANGONAN 1). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (890kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (360kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Bab I.pdf
Download (723kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (685kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (867kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
<p>Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran daring terhadap perubahan pola pikir anak selama masa pandemi. Fokus pada penelitian ini ialah SD Negeri Godean 1 dan SD Muhammadiyah Sangonan 1. Adapun hasil dari penelitian ini ialah sebagai berikut : 1) SD Negeri Godean 1, hasil yang ditemukan dari adanya metode pembelajaran dari implementasi kebijakan sekolah daring ini ialah meningkatnya kemampuan siswa secara akademis yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai siswa yang didapatkan dari adanya latihan soal secara rutin sehingga siswa merasa terbiasa untuk belajar secara mandiri. Perubahan pola pikir yang timbul dari adanya pelaksanaan sekolah daring ini adalah timbulnya kemandirian dan ketekunan siswa selama masa pelaksanaan sekolah secara daring karena adanya kesadaran bagi mereka untuk mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan akademis mereka. 2) SD Muhammadiyah Sangonan 1, melalui penerapan kebijakan sekolah daring dengan metode pertemuan virtual secara rutin dimasa pandemi dengan aplikasi <em>zoom meeting</em> atau <em>google classroom</em> dapat diketahui jika metode tersebut digunakan agar siswa memiliki pola pikir terhadap pelaksanaan belajar secara daring dengan aktif dan memiliki rasa antusiasme. Meskipun SD Muhammadiyah Sangonan 1 telah menerapkan dan membentuk siswa yang aktif dan antusiasme dalam pelaksanaan sekolah daring, akan tetapi hasil pembelajaran terkait kemampuan siswa terutama pada latihan soal justru menurun. Hal ini disebabkan karena sekolah tersebut tidak terfokus pada latihan soal akan tetapi memfokuskan pada ketekunan dan kedisiplinan siswa.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 09:38 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 09:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6943 |