Susilo Wahyu Nugroho (2021) Pengaruh Kecepatan Pengelasan Terhadap Distorsi dan Sifat Mekanis Sambungan Butt Joint Pada Material Aluminium Paduan 5083. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (936kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
<p>Aluminium merupakan logam paling berlimpah ketiga yang ada di permukaan bumi. Material aluminium merupakan jenis logam <em>non-ferrous</em> yang kerap digunakan dalam pembuatan lambung kapal dan badan pesawat terbang. Aluminium banyak digunakan karena memiliki sifat yang ringan, serta memiliki daya resistensi yang baik terhadap korosi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecepatan pengelasan <em>metal inert gas </em>(MIG) terhadap distorsi dan sifat mekanis pada bahan aluminium paduan 5083.<br>
Proses pengelasan akan dilakuakan pada sambungan <em>Butt Joint</em>, menggunakan pelat berukuran 300 mm x 150 mm x 3mm. Variasi kecepatan yang akan digunakan adalah 10 mm/s, 12 mm/s, dan 14 mm/s dengan tegangan 20 V, diameter filler 0,8 mm, aliran gas pelindung 25 liter/menit dan jarak <em>torch</em> 5 mm. Hasil pengelasan selanjutnya akan dilakukan pengukuran distorsi, uji tarik dengan menggunakan standar <em>ASTM</em> E8/E8M-13a dan uji kekerasan<em> vickers</em> dengan menggunakan standar <em>ASTM</em> E92-82.<br>
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, spesimen pengelasan dengan kecepatan 10 mm/s memiliki distorsi terbesar dengan nilai 6,89 mm dan kekuatan tarik tertinggi sebesar 194,83 MPa. Nilai kekerasan tertinggi diperoleh pada kecepatan pengelasan 12 mm/s pada daerah <em>base metal </em>(BM), <em>weld metal</em> (WM), dan <em>heat affected zone</em> (HAZ).</p>
Dosen Pembimbing: | Rela Adi Himarosa, S.T., M.Eng. and Dr. Ir. H. Mudjijana, M.eng | NIDN0529078802, UNSPECIFIED |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 03:10 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 03:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/6998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |