PEMAKNAAN FOLLOWERS TERHADAP GAYA KOMUNIKASI DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @RUMAYSHOCOM

Fery Septianto Harmas (2021) PEMAKNAAN FOLLOWERS TERHADAP GAYA KOMUNIKASI DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @RUMAYSHOCOM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

<p>Fenomena penggunaan <em>instagram </em>di Indonesia banyak dimanfaatkan dalam berbagai tujuan seperti salah satunya dalam menyampaikan dakwah. Hal ini dilakukan oleh seorang tokoh masyarakat di Indonesia, Ustadz Abduh Tuasikal yang juga merupakan <em>founder</em> dari sebuah akun dakwah bernama @Rumayshocom. Terdapat keunikan dalam gaya penyampaian dakwah Islam oleh Ustadz Abduh Tuasikal melalui akun <em>Instagram</em>-nya yang cenderung santai dan berbeda dari yang lainnya, juga dengan pengemasan menggunakan foto dan video yang disajikan dengan animasi yang serasi sehingga mengundang banyak dari kalangan muda menjadi tertarik. Hal ini kemudian akan menghasilkan pemaknaan tersendiri bagi para <em>followers</em>-nya. Penelitian ini membahas bagaimana para <em>followers</em> memaknai gaya komunikasi dakwah Ustadz Abduh Tuasikal melalui akun <em>Instagram</em>-nya. Menggunakan metode analisis resepsi Stuart Hall, <em>followers</em> sebagai khalayak aktif berperan dalam menginterpretasikan konten dakwah yang ada di Instagram @Rumayshocom. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor ketertarikan, motivasi, maupun preferensi sumber pencarian informasi. Penelitian inimenghasilkankesimpulanbahwa para informanterbagimenjadiduaproposisiyaitu<em>hegemonic-dominant position </em>dan <em>negotiated-position</em>. Tidakadaproposisi<em>oppositional position</em>dalampenelitianini, karenatidakadasatupuninforman yang sepenuhnyamenolakpenerimaangayakomunikasidakwah Abduh Tuasikalmelalui Instagram-nya @Rumayshocom.</p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:09
Last Modified: 14 Dec 2021 03:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7066

Actions (login required)

View Item
View Item