POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN TURI 1 SLEMAN

Yahya Pasayoga Nugroho (2021) POLA KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ONLINE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN TURI 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (936kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pembelajaran online Pendidikan Agama Islam di SDN Turi 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa SDN
Turi 1. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisa datanya adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan: Guru membangun pola
komunikasi dengan orang tua atau wali dan peserta didik dengan pola komunikasi sekunder, yakni pola komunikasi dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua. Kemudian juga menggunakan pola komunikasi linear dengan model homevisit atau berkunjung secara langsung ke rumah-rumah peserta didik untuk keperluan tertentu terkait pembelajaran. Untuk faktor pendukung pembelajaran online PAI di SDN Turi 1 adalah adanya fleksibilitas pembelajaran, adanya keleluasaan guru dalam menyajikan metode dan tersedianya jaringan Wifi di sekolah. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran online adalah lingkungan belajar yang tidak kondusif, kesulitan dalam pemahaman dan pemberian materi, keterbatasan keterampilan guru dalam mengajar online, kurangnya fasilitas yang diberikan kepada anak, serta media dan alat pembelajaran yang sering mengalami
gangguan.
Kata kunci: Pola komunikasi, Pembelajaran online, SDN Turi 1

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:28
Last Modified: 08 Nov 2021 07:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7117

Actions (login required)

View Item
View Item