Dimas Kukuh Prasetyo (2020) PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) KERONCONG BALE PERIODE 2019 OLEH BENTARA BUDAYA SOLO PT KOMPAS GRAMEDIA DALAM RANGKA PELESTARIAN BUDAYA NUSANTARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (297kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (69kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Bab I.pdf
Download (543kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (541kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (755kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (391kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Keroncong Bale merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang secara regular dilaksanakan oleh Bentara Budaya Solo PT Kompas Gramedia dalam rangka melestarikan budaya nusantara serta memberdayakan seniman musik Keroncong. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Keroncong Bale periode 2019 penelitian ini termasuk penelitian dekskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menjelaskan pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) Keroncong Bale periode 2019 oleh Bentara Budaya Solo berdasarkan tiga tahap pelaksanaan program CSR yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan model interaktif (interactive model) dimulai dari reduksi data (data reduction), penyajia data (data display), hingga penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusing drawing and verification).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Program CSR Keroncong Bale oleh Bentara Budaya Solo merupakan program CSR berbasis community development, karena Bentara Budaya Solo memberdayakan kelompok seniman musik Keroncong agar berkembang dan bisa memliki cukup ruang untuk berkarya. Pelaksanaan program Keroncong Bale periode 2019 oleh Bentara Budaya Solo direalisasikan melalui tahap perencanaan dengan menggunakan konsep partnership, dan delegated power yaitu menghadirkan orang yang memiliki pengethauan lebih untuk menrancang program dengan gagasan yang baik. Pelaksanaan program Keroncong Bale dilaksnakan secara mandiri sehingga merujuk pada konsep self managing strategy dimulai dari pemilihan peserta, pendampingan persiapan, hingga pementasan musik Keroncong. Kemudian tahap evaluasi program Bentara Budaya Solo menerapkan konsep formative dan summative evaluation yaitu evaluasi yang dilaksanakan dipertengahan dan diakhir program. Pelaksanaan program CSR ini berhasil menjaga ksistensi musik Keroncong di kota Solo sehingga mampu ikut serta melestarikan budaya nusantara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:18 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/715 |