Arief Dwi Saputra (2021) NIAT MEMBAYAR ZAKAT PADA GENERASI MILLENIAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (433kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Bab I.pdf
Download (135kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (299kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (895kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Niat membayar zakat di Indonesia yang mayoritas masyarakat muslim masih tergolong rendah. Padahal, zakat dapat menurunkan dan mempersempit kesenjangan pendapatan. Selain itu, dalam pengumpulan zakat yang terjadi dari tahun 2017 – 2019 masih belum mencapai angka pengumpulan zakat yang semestinya. Tujuan dari studi ini adalah untuk menguji secara empiris factor-faktor yang mempengaruhi niat membayar zakat, yang meliputi variabel sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, literasi zakat, religiusitas, dan pendapatan. Secara khusus, penelitian juga bertujuan menguji efek moderasi dari variabel pendapatan pada pengaruh literasi zakat dan religiusitas terhadap niat membayar zakat di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner; sampel ditentukan berdasar teknik convenience sampling. Total sampel sebanyak 256 responden yang merupakan generasi milenial sebagai anggota atau pengurus atau simpatisan Muhammadiyah dan ‘Aisyiah di tingkat Ranting di Kota Bengkulu. Data diolah menggunakan SEM dengan bantuan software AMOS 24. Hasil temuan menjelaskan bahwa variabel sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, dan literasi
zakat memiliki pengaruh signifikan terhadap niat membayar zakat. Namun, pengaruh variabel religiusitas pada niat membayar zakat tidak signifikan. Selain itu, variabel pendapatan sebagai variabel moderasi terhadap literasi zakat dan religiusitas tidak memperkuat niat membayar zakat.
Hal ini dikarenakan kondisi pandemi berpengaruh terhadap religiusitas dan pendapatan bahwa pendapatan responden digunakan untuk pengalokasian dana kesehatan dan responden. Selain itu, kebutuhan sehari-hari akan mempengaruhi pendapatan dan tidak tergantung pada literasi zakat.
Temuan penelitian memberikan kontribusi pada institusi yang berwenang pada upaya penghimpunan zakat dengan meningkatkan niat membayar zakat pada masa pandemi.
Kata Kunci: Niat Membayar Zakat, Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Literasi Zakat, Religiusitas, Pendapatan, Masa Pandemi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 04:05 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 04:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7153 |