KHAIDAR IRFAN ZUHDI (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN METODE MENTORING PADA SISWA KELAS III SD ALAM AL GHIFAR KOTA BLITAR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (461kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Bab I.pdf
Download (92kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (659kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (887kB)
Abstract
Penelitian dengan judul Internalisasi nilai-nilai keislaman dengan metode mentoring pada siswa kelas 3 SD Alam Al Ghifari Kota Blitar dilakukan untuk mengetahui bentuk dan pelaksanaan metode mentoring kemudian apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan metode mentoring serta sejauh mana tingkat keberhasilan metode mentoring dalam menginternalisasi nilai-nilai keislaman pada siswa kelas 3 SD. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data passive participant observation, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SD Alam Al-Ghifari Kota Blitar dengan subjek penelitian guru pendidikan agama islam dan wali siswa kelas 3 SD. Analisis data menggunakan metode Miles dsn Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat penyesuaian dalam penerapan metode mentoring pada buku mutaba’ah dan mentoring keislaman dijalankan melalui aplikasi WhatsApp dan Zoom. Faktor penghambat penerapan metode mentoring ini adalah kondisi pandemi covid-19. Faktor pendukung adalah teknologi aplikasi WhatsApp dan aplikasi Zoom yang menunjang aktivitas mentoring jarak jauh, laporan evaluasi buku mutaba’ah dan mentoring keislaman mampu dijalankan dengan baik. Adanya buku mutaba’ah, mentoring keislaman, dan komunikasi melalui aplikasi Whatsapp dan Zoom telah menunjukkan hasil efektif ditunjukkan dengan para peserta mentoring telah menjalankan nilai bukan lagi sebagai tugas sekolah melainkan sudah menjadi bagian dari kehidupannya selama kegiatan belajar di rumah dan akhlak yang terbentuk dikarenakan proses belajar jarak jauh maka teladan dari orang tua menjadi landasan utama dalam nilai akhlak, dan peserta cukup baik dalam menjalankan hal tersebut. Sedangkan nilai-nilai akidah menjadi nilai keimanan yang sebagian besar para peserta telah mendapatkan pengetahuan akidah dari orang tua.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | INTERNALIZATION, QUALITATIVE, MENTORING METHOD, ISLAMIC VALUES |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 09:38 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 09:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7216 |