AHMAD HAIDAR (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN FIKIH BAGI SISWA BERLATAR BELAKANG NAHDLATUL ULAMA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (660kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (341kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Bab I.pdf
Download (632kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (533kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (659kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (505kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (528kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (566kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran fikih di institusi pendidikan Muhammadiyah dengan latar belakang keagamaan siswa yang berbeda selalu menarik untuk dibicarakan dari dulu sampai sekarang, karena pembelajaran dengan kondisi tersebut selalu mengalami iklim yang dinamis dalam aspek manajemen pembelajaran. Persoalan dalam penelitian ini adalah adanya kenyataan di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan Kabupaten Sleman bahwa masih terdapat siswa yang mengaku beribadah wudlu dan shalat dengan cara Nahdlatul Ulama (NU). Oleh karena itu yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah perlunya penelitian terhadap manajemen pembelajaran fikih di sekolah tersebut sehubungan dengan masih adanya siswa yang berorientasi ibadah berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui manajemen pembelajaran fikih (2) untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran fikih bagi siswa berlatar belakang Nahdlatul Ulama (3) untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami dalam pengelolaan pembelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sistem studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa dengan latar belakang keagamaan Nahdlatul Ulama. Untuk mengumpulkan data penelitian dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah sekolah tersebut sudah menerapkan prinsip-prinsip manajemen pembelajaran, baik dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi pembelajaran, meskipun belum menerapkan dengan baik pada aspek perencaaan dan pengorganisasian pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAGEMENT, LEARNING MANAGEMENT, AND FIQH LEARNING |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 09:18 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 09:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7236 |