Ririn Isnawatiningsih (2020) UNSPECIFIED S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (869kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Bab I.pdf
Download (116kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (775kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Keefektifan guru dalam mengajar di kelas merupakan aspek yang sangat penting untuk mendorong siswa dalam belajar. Namun, pendapat siswa dan guru mengenai guru bahasa Inggris yang efektif itu berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang untuk mengidentifikasi persepsi siswa dan guru tentang karakteristik guru bahasa Inggris yang efektif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kualitatif untuk mendapatkan data, dan lebih tepatnya menggunakan deskriptive case study. Selain itu, penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Yogyakarta, dan untuk pesertanya adalah dua siswa kelas dua belas dan dua guru bahasa Inggris. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris yang efektif (EELT) harus memiliki socio-affective skill dimana EELT harus mampu menciptakan suasana kelas yang efektif, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, dan mempunyai hubungan yang baik dengan siswanya. Kemudian, dalam pedagogical knowledge, EELT harus memiliki persiapan pengajaran yang terorganisir dengan baik, strategi pengajaran, media pengajaran, dan manajemen kelas yang baik. Selain itu, dalam subject matter knowledge, EELT harus memiliki pengetahuan yang cukup dan memiliki materi pembelajaran bahasa Inggris. Yang terakhir, dalam personality characteristics, EELT harus mempunyai kepribadian yang baik, bertanggung jawab, lucu, dan juga profesional. Oleh karena itu, EELT harus memiliki karakteristik yang seimbang untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan berhasil.
Kata kunci: Guru Bahasa Inggris yang Efektif (EELT), persepsi siswa dan guru, socio-affective skill, pedagogical knowledge, subject matter knowledge, personality characteristics
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 06:25 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 07:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/738 |