Thesis #738

Ririn Isnawatiningsih (2020) UNSPECIFIED S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keefektifan guru dalam mengajar di kelas merupakan aspek yang sangat penting untuk mendorong siswa dalam belajar. Namun, pendapat siswa dan guru mengenai guru bahasa Inggris yang efektif itu berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, penelitian ini dirancang untuk mengidentifikasi persepsi siswa dan guru tentang karakteristik guru bahasa Inggris yang efektif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara kualitatif untuk mendapatkan data, dan lebih tepatnya menggunakan deskriptive case study. Selain itu, penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Yogyakarta, dan untuk pesertanya adalah dua siswa kelas dua belas dan dua guru bahasa Inggris. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris yang efektif (EELT) harus memiliki socio-affective skill dimana EELT harus mampu menciptakan suasana kelas yang efektif, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, dan mempunyai hubungan yang baik dengan siswanya. Kemudian, dalam pedagogical knowledge, EELT harus memiliki persiapan pengajaran yang terorganisir dengan baik, strategi pengajaran, media pengajaran, dan manajemen kelas yang baik. Selain itu, dalam subject matter knowledge, EELT harus memiliki pengetahuan yang cukup dan memiliki materi pembelajaran bahasa Inggris. Yang terakhir, dalam personality characteristics, EELT harus mempunyai kepribadian yang baik, bertanggung jawab, lucu, dan juga profesional. Oleh karena itu, EELT harus memiliki karakteristik yang seimbang untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan berhasil.
Kata kunci: Guru Bahasa Inggris yang Efektif (EELT), persepsi siswa dan guru, socio-affective skill, pedagogical knowledge, subject matter knowledge, personality characteristics

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 06:25
Last Modified: 23 Oct 2021 07:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item
View Item