WARDI (2003) HUBUNGAN OPTIMISME, TOLERANSI, DAN DAYA TAHAN DENGAN PRESTASI BELAJAR AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS II SLTP SE-KECAMATAN SEMIN GUNUNGKIDUL. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (324kB)
Bab I.pdf
Download (199kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (536kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (760kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (80kB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian korelatif dengan tujuan untuk: 1) mengkaji hubungan optimisme prestasi belara Pendidikan Agama Islam siswa kelas II SLTP se-Kecarnatan Semin Gunungkidul, 2) mengkaji hubungan toleransi dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas II SLTP se-Kecamatan Semin, Gunungkidul„ 3) mengkaji hubungan antara daya tahan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas II SLTP se-Kecamatan Semin GunungkiduL Hipotesis utarnanya adalah "Ada hubungan signifikan antara kepribadian siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama IsIam siswa kelas II SLTP se-Kecamatan Semin". Penelitian ini dilaksanakan pada enam SLTP di Kecamatan Semin yang terdiri atas tiga SLTP negeri dan tiga SLTP swasta tahun ajaran 2002-2003. Subjek penelitian ini adalah sehrruh siswa keenam SLTP tersebut. Populasi siswa ini adalah seluruh siswa kelas II se-Kecamatan Semin yang berjumlah 645 orang. SampeI penelitian diambi1 dengan metode quata random sampling, masing-masing sekolah diambil satu kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: tahap pra-survai, tahap survei, dan tahap analisis data. Data dikumpulkan dengan metode angket, tes prestasi, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah angket kepribadian, tes prestasi Pendidikan Agama Istam, dan pedoman observasi. Angket kepribadian diambil dari "Tes Kepribadian"-nya Peter Lauster, sedangkan tes prestasi Pendidikan Agama Islam adalah tes yang disusun peneliti sendiri Kedua instrumen tersebut sudah diujicobakan terlebih dahulu validitas dan reliabelitasnya. Koefisien reliabelitas tes prestasi handal yaitu dengan ro. = 0,917 pada taraf signifikan 0,01 Sedangkan angket kepribadian menghasilkan ro. = 0,5800 untuk angket optimisme, 0,7630 untuk toleransi.; dan 0,8761 tmtuk daya tahan. Semuanya pada taraf signifikasi handal, yaitu 0,01 dengan n= 30.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TESIS OPTIMISME TOLERANSI DAYA TAHAN PRESTASI BELAJAR AGAMA ISLAM |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 01:50 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 01:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/7486 |