Teachers' Strategies to Reduce Students' Anxiety in Learning English in a Higher Education Institution

Khizanatul Ulumi (2020) Teachers' Strategies to Reduce Students' Anxiety in Learning English in a Higher Education Institution. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

Dalam proses bahasa inggris, ada beberapa masalah yang murid hadapi, salah satu masalah itu adalah kecemasan. Kecemasan dalam belajar bahasa inggris adalah masalah spesifik dalam belajar dimana masalah tersebut biasanya berhubungan dengan pemerolehan belajar siswa, khususnya aspek psikolog. Kecemasan merupakan dampak negatif dalam belajar karena kecemasan dapat menghalangi siswa dalam hal prestasi belajar. penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi mengajar guru dalam mengurangi kecemasan mahasiswa dalam belajar bahasa inggris dan kesulitan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan strategi belajar dalam hal mengurangi kecemasan mahasiswa dalam belajar bahasa inggris pada tingkat perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara pendekatan deskripsi qualitatif sebagai metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas swasta di Yogyakarta, yang melibatkan empat dosen dari universitas tersebut sebagai peserta. Diwawancarai dilakukan dengan wawancara mendalam. Berdasarkan wawancara, temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi yang digunakan oleh para guru untuk mengurangi kecemasan siswa dalam belajar bahasa Inggris di universitas swasta di Yogyakarta menggunakan humor di ruang kelas, memberikan motivasi dan saran, melakukan diskusi kelompok, menyediakan waktu untuk mempersiapkan, dan mengadakan sesi konsultasi. Penelitian ini juga menemukan beberapa kesulitan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan strategi tersebut yaitu menemukan tingkat kemahiran bahasa Inggris, menemukan latar belakang yang berbeda, menghadapi ketidakdisiplinan siswa, dan melakukan plagiarisme.
Kata kunci: Pembelajaran bahasa Inggris, kecemasan siswa, strategi guru, kesulitan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:13
Last Modified: 28 Oct 2021 02:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item
View Item