AKHMAD MUSTAJIB (2013) MEDIA ON LINE (WEBSITE, TWITTER, FACEBOOK) SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DABLOGAN CLOTHING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (114kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22MB)
Abstract
Penelitian ini memfokuskan pada media online (website, twitter, facebook)
sebagai strategi komunikasi pemasaran Dablongan Clothing dalam meningkatkan
penjualan. Dablongan Clothing merupakan perusahaan yang memproduksi
cinderamata khas Banyumas. Langkah penyusunan strategi komunikasi pemasaran
yang dilakukan oleh Dablongan Clothing meliputi, mengidentifikasi target
audience, menentukan tujuan aktifitas promosi, mengembangkan perencanaan
media, membuat isi pesan dan melakukan promosi. Metode penelitian yang
dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian Jalan
Ringin Tirto, nomer 80, Bancarkembar (depan tower Smartfren) Purwokerto.
Subyek atau informan dalam penelitian ini terdiri dari dua orang informan, yaitu
Marketing & Promosi Dablongan Clothing dan Desainer Dablongan Clothing serta
Pujianto selaku founder dan CEO Kaos Ngapak Banyumas yang merupakan
kompetitor Dablongan Clothing . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
stategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dablongan Clothing serta
bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan pada
media online (website, twitter, facebook). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dablongan Clothing belum
memenuhi tahapan evaluasi efektivitas dari aktifitas promosi tersebut. Oleh karena itu
peneliti mempunyai gambaran tentang media online (website, twitter, facebook)
sebagai medium untuk melakukan aktifitas promosi Dablongan Clothing. Informasi
yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan media online (website, twitter,
facebook) sebagai media komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dablongan
Clothing berjalan dengan baik. Bauran komunikasi pemasaran internet yang digunakan
oleh Dablongan Clothing adalah advertising, sales promotion, public relation, direct
marketing, dan personal sellings. Namun pada penggunaan bauran komunikasi
pemasaran internet terdapat beberapa elemen dasar masing masing medium yang
belum di optimalkan oleh Dablongan Clothing untuk meningkatkan penjualan.
Kata kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Media Online (Website, Twitter,
Facebook), Penjualan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STUDI DISKRIPTIF MEDIA ONLINE WEBSITE TWITTER FACEBOOK KOMUNIKASI PEMASARAN IK 2013 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:07 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 04:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8542 |