STRATEGI PUBLIC RELATIONS POS KEADILAN PEDULI UMMAT (PKPU) YOGYAKARTA DALAM MENDAPATKAN MUZAKKI DAN DONATUR.

SAINAL MOH. ALI (2013) STRATEGI PUBLIC RELATIONS POS KEADILAN PEDULI UMMAT (PKPU) YOGYAKARTA DALAM MENDAPATKAN MUZAKKI DAN DONATUR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)

Abstract

Public Relations (PR) dalam organisasi sangatlah dibutuhkan untuk menjaga relasi di dalam maupun relasi ke luar. PR dapat menjaga hubungan antara berbagai stakeholder agar perusahaan sehat secara manajemen, sedangkan ke luar, perusahaan perlu menjaga hubungan atau menjaga citra perusahaan agar tetap baik. Demikian juga dengan PKPU, sangat membutuhkan peran PR untuk menjaga hubungan ke dalam dan hubungan ke luar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi Public RelationsPos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Yogyakarta dalam mendapatkan muzakki dan donatur.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data yang bersifat deskriptif (penggambaran yang berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari setiap perilaku orang-orang yang diamati). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode interview atau wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif untuk menggambarkan fakta yang ada dan untuk menjawab pertanyaan pada rumusan masalah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Public Relations PKPU Yogyakarta dalam mendapatkan muzakki dan donatur adalah: pertama, Fact finding yaitu mengumpulkan fakta atau data-data mengenai kebutuhan publik. Fact finding dilakukan dengan melakukan observasi dan sosialisasi kepada masyarakat sasaran. Kedua, Planningyang dibuat berdasarkan hasil observasi dan sosialisasi. Perencanaan yang dibuat oleh PR PKPU meliputi perencanaan target sasaran calon muzakki dan donatur. Ketiga, Communicating/pelaksanaan program yang disusun berdasarkan agenda operasional keseharian, mingguan dan bulanan. Semua kegiatan tersebut dilakukan dengan jadwal ada yang rutin dan agenda insidental. Keempat, Evaluating. Proses atau mekanisme evaluasi yang dilakukan oleh PR PKPU Yogyakarta selain bersama dengan tim internal juga melibatkan bidang lain yang terlibat dalam setiap kegiatan yang telah di lakukan bersama.
Katu kunci: Strategi Public Relations, PKPU, Muzakki dan Donatur

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PUBLIC RELATIONS PKPU MUZAKKI DAN DONATUR IK 2013
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:32
Last Modified: 22 Jul 2022 07:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8638

Actions (login required)

View Item
View Item