MUHAMMAD JUFRI (2008) STRATEGI KREATIF BIRO IKLAN PETAKUMPET DALAM MENGAHADAPI PERSAINGAN IKLAN DAERAH (STUDI DESKRIPTIF PETAKUMPET DALAM MENCIPTAKAN IKLAN CETAK KEDAULATAN RAKYAT VERSI "PINCANG BERHATI EMAS" SEBAGAI THE BEST OF PRINT PINASTHIKA 2006). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (62kB)
Bab I.pdf
Download (120kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (22kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (285kB)
Abstract
Studi ini berusaha menganalisis strategi kreatif yang digunakan biro iklan Petakumpet dalam menciptakan iklan cetak Kedaulatan Rakyat versi Pincang Berhati Emas sebagai The Best of Print 2006. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perumusan strategi kreatif yang digunakan kreator iklan dalam pembuatan iklan. Serta faktor pendukung dan penghambat dalam perumusan strategi kreatif iklan cetak Kedaulatan Rakyat versi Pincang Berhati Emas. Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa strategi yang digunkaan Petakumpet dalam menciptakan iklan tidak terlepas dari teori-teori periklanan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi dan teori lain yang mendukung dalam proses perumusan sebuah kreatif iklan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, unsur yang paling penting dalam iklan media cetak Kedaulatan Rakyat adalah headline, bodycopy dan visual iklan. Dimana ketiga unsur ini dapat memberikan stoping power dan eye catching pada audiens. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk mencermati fenomena yang sedang terjadi. Dalam penelitian deskriptif ini data yang diambil adalah data yang bersifat kualitatif yang menunjukan kualitas atau mutu dari suatu yang ada berupa keadaan, proses, kejadian atau peristiwa yang dinyatakan dalam bentuk perkataan. Naskah iklan dibuat berbeda untuk dapat membedakan iklan dengan iklan kompetitor. Dan dengan muatan budaya lokal Yogyakarta sebagai sajian utama dalam iklan, merupakan refleksi dari karakteristik yang dimiliki produk dan sesuai dengan karakter segmen yang ditujukan. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana biro iklan Petakumpet menciptakan strategi kreatif iklan media cetak Kedaulatan Rakyat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:53 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8911 |