HUGO HARIANTO (2006) CITRA BIROKRASI DI INDONESIA DALAM IKLAN A MILD (ANALISIS SEMIOTIK TENTANG CITRA BIROKRASI DI INDONESIA DALAM IKLAN A MILD VERSI HARUSNYA GAMPANG DI BIKIN SUSAH). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (166kB)
Bab I.pdf
Download (991kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (546kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Abstract
Iklan A Mild menjadi salah satu bagian dari proses produksi makna melalui pencitraan-pencitraan yang ditampilkan dalam sebuah iklan. Citra birokrasi yang ditampilkan oleh iklan A Mild menggambarkan sikap maupun perilaku seorang pegawai birokrasi yang menyalahgunakan kekuasaan maupun wewenangnya daIam rnemberikan jasa pelayanan kepada masyarakat, guna mendapatkan keuntungan untuk memenuhi kepuasan dirinya sendiri, dengan cara lebih mengedepankan kepentingannya sendiri daripada mendahulukan kepentingan masyarakat. Sikap maupun perilaku pegawai birokrasi di Indonesia yang terdapat dalam iklan A MiId dicitrakan dalam bentuk simbol-simbol, baik yang berupa simbol verbal maupun non verbal yang saling mendukung. PermasaIahan dalam penelitian ini adalah bagaimana citra birokrasi di Indonesia dalam iklan A Mild di televisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis semiotik dengan pendekatan kritis dari Roland Barthes yang melihat sistem tanda dari makna denotatif dan konotatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kepustakaan dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis semiotik dari Roland Barthes.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 03:00 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/8955 |