STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LEMBAGA PELATIHAN DAN KEJURUAN (STUDI KASUS LPK IPPI YOGYAKARTA DALAM MENJARING CALON MAHASISWA BARU TAHUN 2008/2009)

JONI HERMAWAN (2009) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN LEMBAGA PELATIHAN DAN KEJURUAN (STUDI KASUS LPK IPPI YOGYAKARTA DALAM MENJARING CALON MAHASISWA BARU TAHUN 2008/2009). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi pemasaran LPK IPPI dalam menarik minat mahasiswa baru tahun ajaran 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran LPK IPPI dalam menarik minat calon mahaiswa baru. (2) untuk mendapatkan gambaran mengenai faktor‐faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh LPK IPPI. Penelitian ini menggunakan teknik studi deskriptif kualitatif dengan menggunakan langkah‐langkah analisis data sebagai berikut: (1) Pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. (2) Reduksi data. (3) Penyajian data. (4). Kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran LPK IPPI dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah mahasiswa baru yang masuk ke Yogyakarta dan juga karena persaingan yang semakin ketat antar lembaga pendidikan serupa di Yogyakarta untuk mendapatkan mahasiswa baru. Melalui strategi komunikasi pemasaran, LPK IPPI menggunakan bauran komunikasi pemasaran untuk menarik minat calon mahasiswa baru di Yogyakarta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa LPK IPPI menggunakan 3 dari 5 cara komunikasi utama dalam bauran komunikasi pemasaran (menurut Sulaksana, 2003:50) yaitu periklanan, penjualan personal dan pemasaran langsung. Seluruh kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menarik minat calon mahasiswa baru dengan dengan ‘memposisikan” sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan profesi yang mencetak kader professional dalam bidangnya serta dilengkapi dengan jaminan ikatan kerja yang membuat berbeda dengan lembaga‐lembaga serupa.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:31
Last Modified: 26 Jul 2022 06:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/9120

Actions (login required)

View Item
View Item