ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF PADA IKM KERAJINAN BAMBU DI KABUPATEN SLEMAN

Meisya Rani (2020) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF PADA IKM KERAJINAN BAMBU DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan industri kreatif pada IKM Kerajinan Bambu di Kabupaten Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah para pengusaha atau pengrajin Kerajinan Bambu. Di dalam penelitian ini menggunakan sample penelitian sebanyak 93 responden yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu Strength Weakness Opportunity Threats (SWOT) dan Product Life Cycle (PLC). Hasil penelitian menunjukkan kondisi internal dan eksternal berupa kekuatan utama yaitu tenaga kerja yang ahli dan terampil sedangkan faktor kelemahan utama yaitu belum adanya pembukuan keuangan. Faktor peluang dan ancaman utama yaitu Kerajinan Bambu dapat dibentuk beraneka macam produk dan regenerasi tenaga kerja produktif sulit. Faktor kekuatan dan peluang lebih besar dibandingkan dengan kelemahan dan ancaman. Pada Daur Hidup Produk, produk Kerajinan Bambu berada pada tahap pertumbuhan. Strategi pengembangan yang digunakan yaitu dengan menggunakan strategi SO dan strategi Bauran Pemasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:47
Last Modified: 27 Oct 2021 02:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item
View Item