DWI FITRIANA HANDAYANI (2008) REPRESENTASI RASISME DALAM FILM CRASH (ANALISIS SEMIOTIK TENTANG STEREOTYPE SEBAGAI BENTUK RASISME PADA FILM CRASH). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (56kB)
Bab I.pdf
Download (102kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Abstract
Studi ini berusaha menganalisis tanda dan simbol stereotype antar ras pada film Crash, garapan sutradara Kanada, Paul Haggis, yang diproduksi tahun 2006. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana simbol dan tanda prasangka dan stereotype yang ditampilkan pada film Crash. Kerangka teori dalam penelitian ini melihat Komunikasi sebagai proses produksi makna, semiotika, prasangka sebagai bentuk dari rasisme, ideologi dalam film, serta film sebagai produk dari kebudayaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotik Roland Barthes. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa stereotype dan prasangka (prejudice) sebagai sebuah bentuk dari rasisme senantiasa hidup berkembang dalam kehidupan masyarakat multikultur, yang dalam pembahasan ini adalah kota Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa adegan-adegan yang menunjukkan prasangka dan stereotype sebagai bentuk dari rasisme pada penggalan penggalan cerita dalam film Crash.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jul 2022 07:37 |
Last Modified: | 23 Jul 2022 07:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/9417 |