Lisa Handayani (2020) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SELF DIRECTED LEARNING PADA MAHASISWA PSIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (745kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (58kB)
Bab I.pdf
Download (179kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (440kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (445kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang: Self directed learning suatu proses inisiatif individu dalam kebutuhan pembelajaran, mulai dari membuat tujuan, identifikasi sumber daya, materi pembelajaran, strategi belajar dan evaluasi hasil pembelajaran. Lingkungan belajar merupakan salah satu faktor kesuksesan, persepsi dan kepuasan mahasiswa dalam lingkungan pendidikan. Selain lingkungan belajar motivasi memegang peran penting dalam kegiatan belajar, semakin besar motivasi belaja akan semakin besar pula kegiatan belajarnya.
Tujuan penelitian: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan self directed learning.
Metode penelitian: penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kolelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 176 orang dengan proporsional sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, Teknik analisa data menggunakan kolerasi berganda.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara lingkungan belajar mahasiswa dengan self directed learning mahasiswa sebesar 0,438 dengan signifikan 0,000 dan motivasi belajar mahasiswa terhadap self directed learning mahasiswa juga memiliki pengaruh sebesar 0,581 dengan signifikan 0,000. hal ini juga ditunjukkan dengan hasil dua variabel yaitu lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap self directed learning secara bersama-sama memiliki nilai 0,602, dengan nilai signifikasi 0,000 <0,050 .
Kesimpulan: Lingkungan belajar dan motivasi belajar mahasiswa memiliki pengaruh dalam meningkatkan self directed learning.
Saran: Dengan demikian disarankan untuk institusi mampu memperbaiki lingkungan belajar dan upaya untuk meningktkan motivasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:50 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 01:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/955 |