KEBIJAKAN INVESTASI MULTI-NATIONAL COORPORATION (MNC) JEPANG DALAM BIDANG OTOMOTIF MOBIL DI INDONESIA (1998-2008)

ARI ALATIF (2008) KEBIJAKAN INVESTASI MULTI-NATIONAL COORPORATION (MNC) JEPANG DALAM BIDANG OTOMOTIF MOBIL DI INDONESIA (1998-2008). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Kebijakan investasi perusahaan Jepang yang berorientasi pada relokasi industri, alih teknologi, dan penanaman modal asing merupakan kebijakan investasi untuk mempertahankan dan meningkatkan industri otomotif Jepang di Indonesia. Selain investasi Jepang, produk otomoti Eropa pun berupaya untuk menggambarkan bagaimana investasi Jepang dalam bidang otomotif di Indonesia, serta implikasinya terhadap pasar otomotif Eropa di Indonesia. Hal yang menarik perhatian penulis untuk meneliti adalah : bagaimana investasi perusahaan Jepang di Indonesia dalam bidang perdagangan, khususnya di bidang otomotif di Indonesia? Lalu bagaimana dampak dari otomotif Jepang terhadap pasar otomoti Eropa di Indonesia? Serta strategi apa yang di terapkan Jepang agar dapat bersaing dengan pasar otomotif lainnya? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengeksplorasi dan mendeskripsikan investasi perusahaan Jepang di Indonesia dalam bidang perdagangan, khsususnya di bidang otomotif di Indonesia, dampak dari investasi otomotif Jepang terhadap pasar otomtoif Eropa di Indonesia dan strategi apa yang diterapakan oleh Jepang agar dapat bersaing dengan pasar otomotif lainnya. Sedangkan kegunaan penelitian ini, secara akademis diharapkan dapat menambah khasanah pengambangan Ilmu Hubungan Internasional, khususnya yang menyangkut kerjasama internasional dan ekonomi politik internasional. Selanjutnya, secara praktis diharapkan dapat menambah perbendaharaan wawasan mengenai investasi Jepang di bidang otomotif di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yang bertujuan untuk menggambarkan investasi perusahaan Jepang di bidang otomotif di Indonesia terhadap pasar otomotif Eropa. Deskriptif analisis adalah upaya untuk mengetahui investasi perusahaan Jepang dalam bidang otomotif di Indonesia, serta menganalisis bagaimana implikasi dari investasi Jepang tersebut terhadap pasar otomotif Eropa di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah : investasi Jepang di bidang otomotif di Indonesia tetap berlangsung bahkan cenderung mengalami peningkatan, walaupun pasar otomotif Eropa masuk dan menjadi competitor bagi produk otomotif Jepang. Disamping itu adanya kebijakan pemerintah Indonesia terhadap produk otomotif Jepang dan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar serta kenaikan BBM mempengaruhi penjualan otomotif Jepang dan Eropa. Produk otomotif Jepang mngalami peningkatan sedangkan produk otomotif Eropa mengalami penurunan permintaan pasar

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 22 Jul 2022 02:14
Last Modified: 22 Jul 2022 02:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/9920

Actions (login required)

View Item
View Item